the king

Menampilkan Timothée Chalamet dan Robert Pattinson

 

Sejujurnya saya kurang begitu suka film tentang sejarah kerajaan. Karena seringkali, film-film tersebut sangat membosankan. Latar masa lampau dan alur yang lambat.

Namun berbeda dengan "The King". Alasan utama saya menunggu dan menonton film ini tidak lain dan tidak bukan adalah Timothée Chalamet. Yhaa cakep kak gimana dong?! Hahaha.

Film yang disutradarai oleh David Michod ini berkisah tentang awal mula kekuasaan Raja Henry V yang diperankan oleh Chalamet. Henry merupakan anak sulung dari Raja Henry IV yang tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan kiprah sang ayah. Ia pun tidak memiliki hubungan yang baik dengan sang ayah. Apa yang dilakukan sang ayah sebagai raja selalu salah di matanya.

the king 3

Mau tak mau, akhirnya itu pun naik takhta menggantikan sang ayah. Ia pun berusaha agar tidak menjadi seperti ayahnya. Alih-alih mengibarkan bendera perang, ia lebih ingin melakukan pendekatan yang lebih damai.

Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Henry V dikelilingi oleh kaki tangan sang ayah, di mana mereka pun tidak begitu menyukai Henry. Mereka menganggap Henry V adalah raja yang lemah karena tidak memerintahkan mereka untuk berperang.

the king 2

Sampai akhirnya Kerajaan Inggris pun berencana untuk menyerang Kerajaan Prancis. Henry V menggandeng sahabatnya Sir John untuk turut menemaninya.

Dalam masa penyerangan tersebut, setiap harinya Henry diserang keraguan. Ia bertanya-tanya apakah perang tersebut adalah jalan yang tepat. Apakah ia sudah melakukan hal yang benar dan membawa kebagian bagi kerajaan dan rakyatnya.

Perang pun berjalan. Banyak prajurit mati di medan perang, termasuk Sir John, sahabatnya. Meski begitu, Henry V pulang membawa kemenangan. Prancis pun berada di bawah kuasanya.

Namun begitu kembali, sebuah kebenaran terungkap. Keraguannya terjawab.

Menurut saya, Chalamet sukses menggambarkan kesepian yang dialami oleh Henry V. Ia sukses menunjukkan Henry V yang ringkih, sepi, dan penuh keraguan.

Adegan favorit saya yakni ketika Herny V memberikan pidato di hadapan pasukannya sebelum menyerang ke kubu Prancis. Ia menunjukkan diri sebagai raja, sebagai pemimpin yang mampu mendorong, menghimpun dan meyakinkan pasukannya untuk berperang bersama.

Di sisi lain, saya agak kurang tega Chalamet turun ke medan perang yang penuh lumpur dan darah tersebut. Agak nggak rela kalo dia kena pukul. Hihih.

robert pattinson french accent the king netflix

Sosok Robert Pattinson, yang berperan sebagai Dauphin, pun menarik perhatian saya. Saya agak terganggu dengan rambut Dauphin yang gondrong nanggung. Pattinson tampak sedikit konyol. Ditambah aksen Prancisnya yang aneh. (Baca penjelasan dari aksen tersebut di sini)

Namun dari segala hal yang menyebalkan dari Pattinson sebagai Dauphin tersebut justru membuatnya mencolok. Ia berperan sebagai musuh yang menyebalkan dan konyol, Pattinson memerankannya dengan baik. Dan menurut saya ia sukses!

Seperti yang sudah saya bilang di awal, this movie is not my cup of tea. Chalamet menjadi penyelamatnya sehingga saya menontonnya sampai habis. Dan bersyukurnya saya mendapatkan bonus Pattinson di sini.

Namun saya tetap menyarankan kamu untuk menontonnya.

the king poster

The King bisa kamu tonton di Netflix. 

Komentar