thumb Supervenus-3

Wanita dan Standar Kecantikan.

Sebuah film pendek animasi berjudul Supervenus arahan Frédéric Doazan ini menarik banget! Temanya tentang wanita dan standar kecantikan yang ada. Dilengkapi dengan suara-suara yang bikin ngilu, film pendek ini bikin kita nggak kedip selama 2 menit 29 detik.

Dimulai dengan diagram medis seorang wanita, film pendek animasi ini menunjukkan pengerjaan ulang sistematis bentuk perempuan yang “ideal” sesuai dengan mitos standard kecantikan yang biasa diumbar-umbar oleh media.

Tapi namanya juga manusia ya, nggak akan pernah ada puas-puasnya. Bibir udah ditebelin, pengen ditebelin lagi biar setebel penghapus item 2B. Payudara udah gede, pengen digedein lagi biar ngalahin pegunungan Kalimanjaro. Badan udah kurus, pengen kurus lagi biar kayak ikan teri. Ah emang rempong banget kalo diterus-terusin. Nggak pernah puas sama diri sendiri dan lama-lama makin kemakan sama mitos-mitos yang dibuat oleh media tentang bagaimana cantik itu.

Cantik itu nggak ada bululah, cantik itu putih meronalah, cantik itu rambut lurus hitam berikilaulah, cantik itu kuruslah. Lah lah lah kenapa susah amat jadi cantik? 

Enak ditonton ketika: Selalu ngebanding-bandingin diri sendiri sama JuPe.

Aftertaste: Akhirnya sadar kalo semua wanita cantik, mitos tentang standar kecantikan yang dibuat media yang pada akhirnya ngebunuh kecantikan kita sendiri.

Best part: Otaknya diangkat, jadi zombie.

Film pendek sejenis yang enak ditonton : Plastic oleh Sandy Widyanata

Komentar