2

Karena Ketakutan untuk mengungkapkan bisa membawa kita pada bahaya

Kenapa suatu hal dipilih untuk dirahasiakan? bisa jadi karena hal itu adalah tabu, nggak gampang diterima oleh orang(-orang) lain. Selain itu, ya bisa jadi juga kita merahasiakan karena merasa terancam. Ada dampak nggak enak yang bakal mampir ke hidup kita kalau rahasia itu dibeberkan.

Tapi kita harus sadar, manusia pasti punya keunikan. Seharusnya, manusia bisa saling menerimanya. Rahasia yang dibungkam itu seharusnya bisa keluar rumah tanpa membuat resah pemiliknya. 

Itulah kesan yang P! dapat setelah nonton tiga film pendek dari proyek Cerita Tentang Rahasia. ketiga film yang diproduseri oleh Nia Dinata dibawah payung Project Change itu mengangkat tema-tema yang biasanya dianggap tabu, seperti seksualitas remaja wanita, kisah seorang gay, dan kisah tentang seorang transgender.

1. Sleep Tight, MariaCerita tentang rahasia 2

Kenapa masturbasi tuh selalu dikaitkan sebagai perilaku cowok doang? Kenapa banyak cewek yang merasa tabu dan bahkan ngerasa dianggap nakal kalau membicarakan masalah eksplorasi seksualitas? bukannya cowok-cewek punya hak yang sama? Apa iya cewek melulu jadi objek aja dalam pembicaraan soal seks? 

Nah, film pendek yang dibuat oleh sutradara Monica Vanesa Teda dan dibintangi oleh Rain Chudori serta Karina Salim ini dengan gamblang menyinggung tema tersebut. Alkisah, Maria V, seorang siswi sekolah religius SMA St. Perawan Maria, selalu membayangkan Donni, cowok paling hot di sekolah, sebelum tidur. "Mimpi basah" sebelum tidur pun menjadi ritual bagi Maria V.

Nah, situasi yang super kikuk pun tiba-tiba terjadi pada kehidupan Maria V, yaitu ketika Retreat sekolahnya. Ia sekamar dengan Maria P, siswi popular di sekolahnya yang juga pintar dan relijius. Maria V nggak bisa tidur karena ia nggak bisa melakukan ritualnya itu.

Namun, apa yang terjadi di akhir film bikin P! kaget. Sebuah twist yang menarik. Intinya, ending itu menyimpulkan bahwa naluri seks itu pasti dimiliki wanita seperti apa pun. Cuma cara melampiaskannya saja yang berbeda-beda.

2. Pertanyaan Untuk Bapak.

Cerita tentang rahasia 1

Yatna adalah seorang pria aktivis di LSM yang bergerak untuk isu Lesbian Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Yatna adalah juga seorang gay. Di film dokumenter yang disutradarai dan diperankan oleh dirinya ini, bercerita tentang perjalanan Yatna mencari bapaknya.

Ia punya pertanyaan penting yang ingin diajukan kepada bapaknya. Pertanyaan tentang kejadian di masa kecil yang membuat Yatna mengalami trauma hingga sekarang.

Yatna yang bekerja di Jakarta pergi ke Tanjung Pinang, kota tempat bapaknya seharusnya berada. Dari satu tempat ke tempat lain ia mencarinya. Hingga akhirnya ia berhasil. Bapaknya yang sudah 84 tahun tinggal di suatu ruko, menjalani usaha percetakan reklame.

cerita tentang rahasia

Obrolan anak dan bapak pun terjadi. Fakta-fakta tentang masa kecil Yatna dan hubungan Bapaknya dengan Ibu Yatna pun diketahuinya.

Lantas apakah pertanyaan Yatna terjawab oleh bapaknya? P! nggak mau bocoran soal itu, tapi P! mau ngasih tau pertanyaan yang diajukan Yatna kepada bapaknya:

                Mengapa bapak sering memerkosa saya sewaktu kecil?

Dari film ini kita bisa menyimpulkan, bahwa pengalaman menjadi korban kekerasan seksual itu mesti diungkapkan dan mesti mendapat penerimaan yang baik. Lantas, pelakunya pun tak bisa begitu saja dimaklumi, ia mesti tau betapa jahat dirinya sampai bisa membuat seseorang trauma berkepanjangan.

 3.  Emak Dari Jambi 

Cerita tentang rahasia 3

Jika biasanya film dokumenter tentang waria mengambil perspektif dari si waria sebagai tokoh utama, tapi film Emak dari Jambi ini mengambil perspektif lain, yakni ibu kandung si waria. 

Beliau adalah Ibu Kurtini, ibu kandung seorang transgender asal Jambi yang tinggal di Jakarta. Anggun Pradesha namanya. Ibu Kurtini adalah ibu yang sangat hebat. Kenapa? karena beliau mampu menerima dan mengakui pilihan hidup anaknya untuk menjadi seorang transgender.

Ceritanya, setelah sekian lama berpisah dari anak pertamanya itu, akhirnya Ibu Kurtini mendapat kesempatanuntuk berangkat dari Jambi menuju Jakarta untuk bertemu.

Rasa senang, sedih, dan kaget meliputi semua proses pertemuan itu. Selama menonton film kamu pasti akan merasakan keanehan, yaitu, kamu bisa menganggap hal yang tabu menjadi biasa. Bahkan kamu bisa menerimanya. Seperti halnya ibu Kurtini. Ia masuk ke dalam dinamika hidup anaknya yang nggak biasa baginya: dari menemani anaknya berkumpul bersama teman-temannya sesama waria, menemani operasi suntik silikon, sampai ikut kongkow di Taman Lawang.  

Walaupun berkali-kali si Ibu meyakinkan anaknya untuk kembali menjadi seorang lelaki, Anggun tetap ingin mewujudkan keinginannya menjadi seorang perempuan. Dengan kekuatan yang dimiliki seorang Ibu dan sebagai salah satu anggota keluarga, Ibu Kurtini mendukung apapun keadaannya.

Cerita tentang rahasia 1

Dengan berbagai percakapan-perkacapan yang menggelitik hati, film ini mengembalikan esensi sebuah keluarga sebagai tempat untuk mengungkapkan rahasia dan tempat pertama dari hidup seseorang dalam penerimaan diri. 

Ketiga film ini inspiring sekali. Sangat recommended menurut P!, pokoknya kalau ada pemutarannya, kamu mesti nonton. O ya, kalau kamu mau ngundang para film maker untuk menggelar pemutaran di sekolah atau kampus kamu bisa banget loh. Caranya, kontak:

Yayasan Kalyana Shira Jl. Bunga Mawar No: 9, Pangeran Antasari, Cipete Selatan, Jakarta Selatan 12410 Hp. +628561059639, Tel. +6221 7503223/ 7503225

 

Komentar