Yang panjang-panjang gak selalu lebih mantep dibandingin yang pendek. Aturan itu juga berlaku buat film, termasuk film horor. Walaupun durasinya gak sepanjang film-film layar lebar, tapi bukan berarti kualitasnya gak mumpuni broh.


Berhubung  lagi mo Halloween, apa lagi coba yang lebih seru daripada maraton film horor sendirian sambil gelap-gelapan di kamar? Eehmm, banyak sih sebenernya, tapi yang paling murah dan gampang kan itu. Nah, berikut ini adalah beberapa film-film pendek bernuansa horror yang udah kami rangkum spesial untuk bikin bulu kuduk lo semua merinding.


Selamat menonton!

Don't Move (Anthony Melton)

Sekelompok pemuda lagi ngumpul-ngumpul di buat main game bareng. Gak disangka, permainan tersebut malah mengundang kehadiran makhluk jahat yang siap siaga untuk menyerang siapa saja yang bergerak.


Film yang masuk kompilasi Bloody Cuts ini emang punya cerita yang simple banget. Tapi, justru ini kekuatannya. Tanpa banyak bertele-tele, kita langsung dihadapin sama suasana mencekam yang bikin penasaran, di mana para protagonisnya gak bisa lari bahkan bergerak sama sekali dari monster tersebut. Oh iya,  satu lagi yang bikin keren adalah creature design dan special effect-nya yang top banget.


The Cat with Hands (Robert Morgan)

Hutan rimba, tengah malam. Di depan sebuah sumur tua, seorang bapak separuh baya menceritakan dongeng menyeramkan tentang seekor kucing yang pernah muncul dari dalam sumur tersebut. Kucing itu bukan kucing biasa... ia memiliki tangan manusia.


Sama kaya cerita-cerita Edgar Allan Poe yang melegenda, The Cat with Hands punya gaya bercerita serupa yang lebih mengedepankan tentang atmosfer ketimbang hal-hal berbau gory ato sadis-sadis gitu. Lewat teknik animasi stop motion dan sinematografi yang ciamik, film pendek satu ini tampaknya berpotensi bikin lo susah tidur dalam waktu 4 menit doang.


Spider (Nash Edgerton)

Biar seru, kami gak mau kasih tau aah sinopsisnya


Nash Edgerton adalah salah satu anggota dari Blue-Tongue Films, sebuah grup kolektif asal Australia yang rutin ngeluarin film-film pendek yang kece banget. Salah satu film terbaik mereka adalah Spider. Ini mungkin film horor biasa, dalam artian gak ada hantu, monster, pembunuh berantai di dalamnya. Namun, bukan berarti Spider gak nyeremin, ending-nya yang gak diduga-duga bikin film ini jadi amat sangat mengerikan, karena bisa terjadi pada kita pada saat-saat yang gak terduga, hiiii.

Taksi (Arianjie AZ / Nadia Yuliani)

Di tengah keheningan malam, seorang gadis muda terpaksa menaiki taksi dengan supir yang mencurigakan. Apa yang bakal terjadi selanjutnya?


Film ini merupakan film terbaik dalam FISFiC (Fantastic Indonesian Short Film Competition) 2 tahun lalu. Dengan mengambil tema yang cukup horror buat para penduduk Jakarta, Taksi emang tampil mencekam karena skenarionya emang pasti pernah sekelibat muncul di otak kita pas terpaksa naik taksi di tengah malam hari. Eits, tapi tentunya Taksi gak cuma film pendek horor yang gitu aja, ada kejutan istimewa yang menunggu kalian di akhir cerita. Buruan disimak!


There Are Monsters (Jay Dahl)

Konon, ketika dunia mau kiamat, setiap manusia akan digantikan  oleh replikanya yang serupa.


Dengan konsep tersebut, There Are Monsters menampilkan sebuah kisah di daerah suburban Amerika dengan pendekatan yang cukup menarik. Konsep visual dan gaya berceritanya yang mirip film dokumenter,  bikin atmosfer film ini jadi terasa janggal dan bikin gak nyaman, in a good way tentunya.


The Backwater Gospel (Bo Mathorne)

Kedatangan "The Undertaker" selalu berarti kematian bagi penduduk Backwater. Dan, ketika sosok yang ditunggu-tunggu itu tiba, para penduduk pun mulai menebak-nebak siapa yang akan meninggal diantara mereka.


Sebenernya film yang satu ini bukan film horor biasa sih, karena ketimbang nyeremin, The Backwater Gospel lebih tepat disebut sebagai suatu karya yang creepy dan kelam. Walopun begitu, gak ada alasan buat lo untuk gak nonton salah satu film animasi pendek yang keren banget ini. Dari gaya visualnya yang unik sampe musik latarnya yang ngebawa kita serasa balik ke jaman koboi di Amrik dulu, The Backwater Gospel emang jadi salah satu film horor yang berani tampil beda.

Punya judul-judul film horor lagi yang menurut lo pantes disimak? Yuk ah share di kolom komen.

 

Komentar