kimi no nawa

Anime yang bikin baper.

 

Apa jadinya ketika bangun tidur lo menjadi orang lain? Iya. Berada di tubuh orang lain, menjalani kehidupan orang lain. Aneh kan ya pasti? 

Itulah yang terjadi pada dua orang murid sekolah menengah, Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu. Keduanya secara tidak sengaja sering 'bertukar' tempat seperti dalam mimpi. Ketika mereka kembali ke tubuh mereka masing-masing, keduanya sama-sama merasa kehilangan sesuatu yang mereka sendiri tidak pahami.

Begitu sadar mereka 'bertukar' tempat, akhirnya mereka sama-sama menulis aturan yang harus dilakukan. Mitsuha membantu Taki untuk bisa berkencan dengan perempuan yang disukainya. Dan Taki tertarik menjalankan ritual yang ada di desa Mitsuha.

Sampai akhirnya kebiasaan 'bertukar' tempat itu berakhir. Taki berusaha menghubungi Mitsuha namun tidak mendapatkan jawaban. Sama seperti hal nya mimpi yang kita alami, lama kelamaan mimpi itu hilang dari ingatan kita. Seberapa keras kita berusaha untuk mengingat mimpi, yang ada kita tidak bisa mengingat apapun. Itulah yang terjadi pada Taki. Taki berusaha mengingat Mitsuha dan desanya untuk mencari.

Taki pun melakukan pencarian berbekal sketsa desa tempat tinggal Mitsuha dari sisa-sisa ingatannya. Namun, begitu dia menemukan desa itu, desa tempat tinggal Mitsuha sudah hancur akibat komet. Taki pun tidak ingat apa-apa, baik tentang Mitsuha, desa tersebut ataupun perjalanannya mencari itu semua.

Taki mencari dengan intuisinya. Ia pun menemukan sake beras yang dibuat Mitsuha dalam salah satu ritual di kuilnya dan meminumnya. Saat itu dia kembali ingat akan Mitsuha dan berusaha menyelamatkan Mitsuha dan warga desa dari kehancuran akibat tabrakan komet.

Dalam beberapa detik, akhirnya Taki dan Mitsuha akhirnya bertemu. Detik-detik tersebut menjadi detik yang mengharukan karena setelah bertemu mereka tetap tidak bisa bersama. Sampai akhirnya Taki kembali ke kehidupannya tanpa mengingat apapun tentang Mitsuha.

Taki melanjutkan hidupnya dengan perasaan kehilangan yang tidak dipahaminya. Dia berusaha mencari namun tetap tidak mengerti apa yang dicarinya. Mitsuha akhirnya pun selamat dari bencana komet yang menghancurkan sebagian desanya. Sama seperti Taki, Mitsuha menjalani hidup dengan rasa kehilangan yang tidak ia mengerti.

Film Kimi no Na wa (Your Name) ini berdurasi 107 menit. Film ini merupakan adaptasi dari novel yang ditulis oleh Makoto Shinkai, sang sutradara. Film ini ditayangkan perdana di konvensi Anime Expo 2016 di Los Angeles, California pada 3 Juli 2016. Dan rilis di Jepang pada 26 Agustus 2016.

Pada awal film kita harus bersabar menghadapi kebosanan untuk mengerti bahwa kedua tokoh utama dalam film ini 'bertukar' tempat. Tapi asli, film ini bikin baper. Mungkin bukan tipe film yang bisa bikin tiba-tiba air mata netes ke pipi sih ya. Baper yang dikasih lewat film ini beda. Rasa-rasa kayak udah sama-sama suka sama orang tapi nggak bisa bareng-bareng gitu. Kan nyesek ya. Yakan? Yakan?

Nah karena belum tahu kapan akan rilis di Indonesia, coba intip aja dulu trailernya di bawah ini:

Oiya, selain film dan ceritanya yang bagus, original sountrack-nya juga bagus dari RADWIMPS! Selamat mencari dan menemukan yaa!

Komentar