6

Tanpa dialog, film pendek ini menyiratkan banyak makna.

 


Apa jadinya kalo di dunia ini ada pekerjaan sebagai meja, lampu, atau kendaraan bagi manusia? Nggak kebayang? Sama.

Tapi justru bayangan tersebutlah yang dipilih oleh Santiago 'Bou' Grasso pada film pendeknya yang berjudul "El Empleo". Film berdurasi tujuh menit ini menceritakan sebuah distopia alias tidak seperti kenyataan.

Iya soalnya di film pendek ini, ada manusia bekerja sebagai meja makan. Ada juga yang menjadi lampu kamar, lampu merah, sampai jadi kendaraan. Semua teknologi dalam film pendek tersebut digantikan oleh manusia. Coba nih liat filmnya:

 

Film ini bercerita tentang seorang pria yang memulai rutinitasnya. Tapi nggak disangka di awal cerita dia terlihat sebagai orang yang memiliki status yang tinggi justru bekerja sebagai keset di sebuah kantor di gedung tinggi.

Film ini dibuat tanpa dialog. Namun setiap orang yang ada di film ini digambarkan tidak memiliki gairah untuk bekerja. Hal ini seperti menggambarkan monotonnya rutinitas kehidupan.

Lewat film pendek ini jadi mikir deh sebenernya apa yang udah kita lakuin ya dalam hidup kita? Apakah kita hidup sekedar hidup? Apakah kita melakukan rutinitas kita hanya sekedar rutinitas tanpa memahaminya lebih dalam? Hm~

Komentar