logan1.jpg

Film terakhir dari Hugh Jackman sebagai Logan. Hiks. Awas spoiler buat yang belum nonton.

Sebelum lo baca review ini, lo harus puter lagu di bawah ini yak sembari baca reviewnya.

 

Lo masih inget film superhero X-Men nggak? Segerombolan mutan yang memiliki kekuatan super yang berada di sebuah sekolah dengan kepala sekolah bernama Profesor X. Yap, buat lo yang ngikutin banget film tentang X-Men, lo pasti nggak asing dengan karakter Wolverine yang bernama Logan ini. Dalam film Logan ini, akhirnya karakter Wolverine harus berakhir. Sedih? Banget! Ini dikarenakan faktor usia dan doi menderita kanker kulit, Hugh Jackman harus mengakhiri perannya sebagai mutan. Banyak fans yang penasaran dengan film ini, apalagi kritikus film banyak yang memuji juga. Nah, untuk film Logan yang ini, produser mengambil setting di tahun 2029, di mana Wolverine berada di masa kritisnya sebagai seseorang yang tua. 

Film X-Men emang terkenal bikin pusing gegara alur ceritanya yang agak rumit. Tapi tenang, Logan mengambil setting jauh di masa depan. Jadi buat lo yang nggak pernah lihat X-Men atau Wolverine yang sebelumnya masih tetap bisa menikmati Logan dengan enteng tanpa mikir berat gimana alurnya, hehe. But, kalau lo pengen memahami Logan lebih mendalam, lo bisa lihat urutan filmnya mulai dari:

1. X-Men Origins: Wolverine (2009) yang bercerita mengenai siapa sih si Wolverine alias Logan

2. X-Men: Apocalypse (2016) yang menceritakan gimana Transigen-sebuah lab yang mengembangkan DNA mutan-mendapatkan DNA Logan dan kemunculan Caliban

3. X-Men: The Last Stands (2006) & The Wolverine (2013) di mana lo bakalan tahu kenapa si Logan mengalami depresi selama hidupnya

Logan adalah film akhir dari si perkasa Hugh Jackman sebagai Wolverine *hiks*. Tapi sosok ini nggak mungkin digantikan oleh orang lain karena Wolverine telah melekat sebagai ikonik dengan muka Hugh Jackman di dalamnya. Namun, di dalam film ini, Logan berusaha mati-matian untuk menyelamatkan para mutan cilik sekaligus X-23, ini pertanda bahwa akan ada kelanjutan dalam alur cerita Logan. Hmm, tapi masih belum tahu sih kelanjutannya gimana, bikin penasaran banget dah kenapa mutan-mutan kecil itu diselamatkan oleh Logan. Ya kan?

Well, P! bakalan kasih point tentang film Logan nih, coba disimak baik-baik yak!

1. Logan Mengasingkan Diri Untuk Keselamatan Dunia

Kalau di film X-Men sebelumnya, Wolverine selalu berpetualang membasmi kejahatan bersama kawan-kawan superheronya. Tapi tidak di film ini, Logan mau tidak mau harus menenggelamkan pamornya sebagai super hero untuk mengasingkan diri demi keselamatan dunia. Dalam film ini, Logan ditemani oleh kawan mutannya yakni Caliban yang memiliki kekuatan sebagai pendeteksi untuk mencari mutan lainnya ternyata berusaha mengasingkan Profesor X alias Xavier di dalam sebuah tong air. Yep, Profesor X yang sempat menjadi kepala sekolah dari sekolah para mutan. 

Well, kenapa kudu dikurung di dalam tong air? Rupanya, di beberapa tahun sebelumnya tepatnya di Wincherster, Profesor X sempat kehilangan kendali dan menyebabkan banyak mutan mati seketika, termasuk para anggota X-Men. FYI, Profesor X punya kekuatan mutan yang bisa membuat orang-orang di sekitarnya lumpuh seketika. Hmm.., serem nggak sih? Nah, balik lagi, Logan adalah mutan yang bisa beregenerasi, sehingga Ia selamat dari bencana yang dibuat oleh Profesor X. Untuk mencegah hal yang sama terulang, Logan dan Caliban sepakat mengurung Xavier di dalam tong. Ciyan sih, tapi dari pada bikin bencana lagi yak.

logan2.jpeg

Tong besar berwarna kuning itu adalah tempat bersembunyinya Xavier.

2. Walaupun Mutan, Logan Tua Semakin Lemah

Yak, walaupun Wolverine adalah mutan berkekuatan kuat dan bahkan dikenal bisa beregenerasi, ternyata semakin tua doi makin lemah cuy. Sedih banget. Ternyata Logan malah keracunan logam adamantium di dalam tubuhnya yang bisa membuat tubuhnya lemah. Maka dari itu, dia tampak kesakitan dan lambat laun kehilangan kekuatannya. Parahnya lagi, Logan kecanduan alkohol yang ditenggaknya untuk menghilangkan depresi hidup padahal minuman tersebut semakin membuatnya lemah. Di sisi lain, Xavier yang semakin tua rupanya tidak bisa melakukan apa-apa, apalagi kalau kakek yang satu ini telat minum obat dari penyakitnya, yang ada dunia bakalan berantakan. Hmm pokoknya Xavier digambarkan sebagai orang tua yang bikin repot dan nyebelin hehe. Kadang apa yang dilontarkannya malah bikin jadi kayak komedi sih, hehe.

loganxavier.jpg

Xavier semakin tua dan renta, hanya Logan dan Caliban yang bersedia merawatnya.

3. Logan Punya Anak Biologis

Gegara jumlah mutan makin langka, maka dari itu banyak orang mengembang biakkan mutan untuk dilahirkan kembali. Yap, seperti yang P! bilang di awal, pengembangan DNA mutan dilakukan oleh sebuah lab yang bernama Transigen. Lo masih inget nggak beberapa cuplikan di X-Men Apocalypse yang menunjukkan beberapa agen datang ke lokasi di mana Logan dikurung? Yuhu, di sanalah DNA dan hasil penelitian Logan dicolong dan dikembangkan menjadi mutan baru. Serem euuuyyy.

Tapi, dari pengambilan DNA tersebut, lahirlah X-23 dan X-24. X-24 adalah hasil spesimen Transigen berkelamin cowok, jadinya mirip banget kayak Logan. Psst..., lo bakalan terkejut dengan wujudnya si X-24 yang mirip banget dengan Logan, haha. Lalu, X-23 atau Laura adalah pengembangan yang berkelamin cewek sehingga cakarnya hanya ada dua di tangan dan satu di kaki. Konsep ini sama seperti singa betina yang punya cakar di kaki depan untuk menerkam dan belakang untuk menjaga anaknya. 

loganx23.jpg

Yak, inilah sosok X-23 atau Laura

4. Bisa Jadi, Logan Bakalan Dapet Best Picture Nomination

20th Fox Century baru-baru ini mengadakan screening perdana film Logan. Lalu, wuuuuuttt wuuuttt seketika banyak reviewer dari seluruh dunia memberikan respon positif atas film ini. Bahkan di beberapa website movie seperti IMDB maupun Rotten Tomatoes memberikan rating untuk Logan sebesar 9.6! Woah, selain ceritanya yang bikin lo bakalan cry sekebon, sinematografi dalam film ini menjadi alasakan kenapa lo kudu banget nonton Logan. Tone film yang sendu banget, sekaligus visual effect yang realistik bikin film ini kayak nyata. Nggak salah, beberapa website film internasional banyak memberikan statement bahwa film ini berpeluang menang Best Picture di penghargaan ternama kayak Oscar 2018 nanti.

logancaliban.jpg

Dengan nonton film Logan ini, lo bakalan disuguhi tone film sekaligus sinematografi yang epic bettt. Jangan harap ada adegan heroik khas film superhero, cerita Logan lebih bercerita mengenai perjuangan sebuah keluarga kecil demi mempertahankan hidup. Bukan sebuah konflik dan berakhir perang-perangan yes. Logan yang lo kenal beringas dan garang rupanya udah jadi ayah yang berani menjaga keluarga kecilnya, yakni Laura. Buat lo yang belum nonton Logan, nih P! kasih teaser filmnya biar makin kepengen nonton, hehehe.

Komentar