the jungle book

Nggak kebayang Superman terbang dan belakangnya hijau doang.

Berkat teknologi yang udah makin canggih, ada banyak film yang lebih menggandalkan efek visual yang dibantu sama komputer. Bahkan, ada film yang sengaja mengandalkan efek komputer dengan alasan biaya yang lebih murah. Akan tetapi ada juga yang memanfaatkan kecanggihan komputer demi ngasih efek yang lebih keren dan sesuai sama ekspektasi. Intinya sih saat ini efek visual dengan komputer jadi hal yang krusial banget deh. Tanpa efek, adegan di film ini nggak akan jadi wow deh. Lo lihat sendiri aja nih penampakannya seandainya nggak dikasih efek.

300: Rise of an Empire (2014)

300 rise of an empire

Itu adalah set sebelum dan sesudah di kasih efek. Pas lo ngeliat hasil akhir di film, lo pasti bisa ngerasain tempat itu nyata kan? Yups, itulah kehebatan teknologi. Efek yang diberikan bisa meyakinkan dan kompleks banget. Tanpa adanya efek tambahan, lo nggak akan ngerasain atmosfer kamp tentara.

Elysium (2013)

elysium

Udah nonton film ini belom? Bisa dibilang ini adalah film Neill Blomkamp yang kurang sukses sih. Meskipun dibintangi oleh Matt Damon, nyatanya pendapatan film ini jauh di bawah ekspektasi. Menurut Blomkamp kegagalan ini bukan karena special effect yang jelek, melainkan gara-gara ceritanya yang nggak sesuai sama yang dia harapkan. Kok bisa yah?

Jurassic World (2015)

jurassic world

Di film "Jurassic Park" yang pertama emang belom ada teknologi CGI kayak sekarang ini. Saat itu ada berbagai macam efek visual terbaik yang dipakai demi mendapatkan tampilan yang maksimal. Nah, di film "Jurassic World" udah pakai CGI nih. Saat adegan yang memperlihatkan dinosaurus secara close-up, tim memakai kepala dino berwarna putih yang kemudian diwarnai dan dikasih berbagai efek yang keliatan nyata.

Mad Max: Fury Road (2015)

mad max fury road 2015

Hampir semua adegan keren di film ini dilakukan secara nyata. Efek visual ditambahkan biar makin greget. Nggak main-main, ada ratusan CGI artits yang diterjunkan buat menggarap lebih dari 2000 shoots di film ini. Mereka nambahin efek cahaya, bayangan, dan detail lainnya yang bikin hasil akhir film ini jauh lebih matang daripada versi asli alias versi tanpa tambahan efek.

The Avengers (2012)

the avengers 2012

Menurut Jeff White, supervisor untuk VFX, timnya membuat banyak New York untuk film ini. Mereka juga bikin Stark Tower. Selain itu, dia juga mengakui bahwa green screens lebih sering digunakan proses syuting film ini.

Man of Steel (2013)

man of steel 2013

Lo pernah ngebayangin nggak sih gimana jadinya adegan saat para superhero terbang tapi nggak dikasih efek sama sekali? Haduh, pasti nggak akan keliatan terbangnya sih. Yang ada lo bakal ngakak karena ngeliat ada tali di sana sini.

The Jungle Book (2016)

the jungle book

Buat bikin live-action film "Jungle Book" ternyata butuh banyak efek. Tim harus menciptakan berbagai binatang yang kelihatan senyata mungkin. Ditambah lagi nuansa hutan juga harus akurat. Selain urusan efek, Neel Sethi yang jadi pemeran utama harus ikutan kerja keras. Dia harus akting seolah-olah ada banyak binatang di sekitarnya.

Sumber: Looper

Komentar