Apa itu Multiverse? Simak di sini!

 

Fase pertama sampai ketiga Marvel Cinematic Universe selalu terikat dengan Infinity Stone sebagai benang merah. Dengan kalahnya Thanos dalam Avengers: Endgame April lalu, berakhir sudah saga atau arc Infinity. Selanjutnya, saga apakah yang bakal ada di dalam MCU?

Trailer Spider-Man: Far From Home sudah dirilis kemarin malam. Film ini menjadi penutup akhir fase ketiga MCU sekaligus Infinity Saga. Namun, dalam film MCU terakhir di tahun ini terdapat sebuah hal menarik yang tampaknya bisa jadi saga selanjutnya dalam MCU.

Di dalam trailer diceritakan Peter Parker yang bertemu dengan Nick Fury. Pimpinan S.H.I.E.L.D. itu mengenalkan Peter dengan Quentin Beck alias Mysterio. Fury menjelaskan bahwa Beck juga berasal dari bumi, namun bumi yang berbeda. Peter pun menanyakan apakah itu berarti ada multiverse?

Multiverse

Dikutip dari Green Scene, mudahnya, multiverse adalah konsep di mana alam semesta memiliki beberapa versi (bahkan tak terhingga). Jika menganalogikan bumi dan alam semesta yang kita tinggali ini adalah satu universe maka dalam konsep multiverse ada bumi dan alam semesta lain yang eksis, namun dalam dimensi yang berbeda. Di komik marvel, setiap universe memiliki angka unik, seperti misalnya universe utama yang disebut “Earth 616”, ada pula “Earth” lainnya dari no 1 sampai selanjutnya.

Mengapa Bisa Terjadi?

Nick Fury mengatakan bahwa hal ini bisa terjadi karena jentikan dari Thanos merobek lubang di dimensi saat ini. Bukan hanya satu kali jentikan, bahkan setidaknya ada empat kali jentikan yang udah dilakukan. Pertama saat Thanos membuat setengah populasi semesta menjadi debu, kedua saat Thanos mengancurkan Infinity Stones, ketiga saat Hulk mengembalikan setengah populasi, dan terakhir saat Tony memusnahkan pasukan Thanos.

Selain itu, dalam Avengers: Endgame juga disebutkan oleh Ancient One kalau seluruh universe harus menyimpan Infinity Stones mereka. Jika tidak maka bakal terjadi ketidakseimbangan setiap universe yang ada. Saat Thanos menghancurkan Infinity Stones, kemungkinan besar keseimbangan telah goyah dan membuka portal antar dimensi universe.

Mulitverse Bisa Jadi Saga Selanjutnya?

Setelah Thanos kalah, belum ada musuh baru para Avengers yang terlihat. Dengan hadirnya konsep multiverse di Spider-Man: Far From Home, tentu bisa menjadi peralihan dari Infinity Saga ke sebuah saga baru yang mungkin Multiverse Saga dan membawa musuh-musuh baru.

Didukung dengan bergabungnya Fox ke Disney, maka beberapa hak karakter seperti X-Men dan Fantastic Four bisa segera hadir di MCU. Nggack cuma superhero baru, supervillain dari universe yang berbeda pun bisa datang ke universe utama.

Banyak sekali villain-villain yang lebih kuat dari Thanos. Contoh saja Dr. Doom, Galactus dan Death. Sangat menarik jika para superhero Marvel bertarung bersama untuk melawan musuh-musuh yang lebih kuat lagi. Namun, kita masih harus menanti keputusan dari Marvel untuk tahu kelanjutan dari fase ketiga MCU.

Komentar