justice league

Banyak yang diubah setelah test screening.

Test screening dianggap sebagai proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan film yang bombastis. Lewat test screening, para pembuat film bisa dapat gambaran apakah filmnya udah bagus atau ada kekurangan. Ternyata ada loh beberapa film dapat review yang jelek dan akhirnya harus melakukan syuting ulang dan editing di sana sini demi akhirnya mendapatkan hasil yang sempurna.

Berikut ini adalah beberapa di antara banyak film yang melakukan syuting ulang dan editing lagi demi memuaskan penonton.

1. Sunset Blvd. (1950)

Sunset Blvd.

Via paramount pictures

Film ini adalah salah satu yang sangat sukses. Film ini mendapat banyak banget penghargaan termasuk 3 piala Oscar. Hasil yang menakjubkan itu didapatkan setelah test screening. Selama beberapa menit awal, penonton dibuat tertawa. Setelah 30, orang-orang mulai bingung. Mereka nggak ngerti sebenernya lagi nonton film drama atau komendi. Banyak penonton yang memutuskan buat meninggalkan bioskop sebelum film berakhir. Sang sutradara, Billy Wilder, akhirnya tahu apa masalahnya. Dia memutuskan buat syuting ulang dan ngubah adegan awalnya.

2. Justice League (2017)

justice league

Via Warner Bros

Awalnya, Justice League mau dibikin jadi sekuelnya Batman V Superman: Dawn of Justice. Karena film itu dapat respon yang kurang baik dan film Justice League udah mulai syuting, akhirnya sutradaranya mulai panik. Dia nggak yakin kalo sekuel itu akan berhasil. Akhirnya dia memutuskan untuk mengganti 20 persen dari film tersebut. Semua adegan Victor Stone sebelum 'transformasinya' dihapus dan banyak banget dialog yang dihapus juga. Hampir semua adegan Superman harus reshot dan beberapa adegan juga ditambahkan.

3. Titanic (1997)

Titanic

Via 20th Century Fox Film Corporation  

Ternyata first cut film Titanic tuh 5 jam. Ya cerita soal kapal ini emang fenomenal sih tapi masak 5 jam. Itu berlebihan banget. Akhirnya James Cameron mendengarkan masukan dari beberapa penonton pertama. Dia memotong sekitar 45 menit adegan. Akhir dari film ini juga mengalami sedikit perubahan.

4. Suicide Squad (2016)

suicide squad

Via Warner Bros

Di awal review, ada banyak penonton yang ngasih komentar positif. Sayangnya, sutradaranya malah ngerasa takut kalo film ini bakal mengalami nasib yang sama kayak Batman v Superman: Dawn of Justice. Akhirnya film yang awalnya dark dan dramatis ini dibikin lebih ringan dan lucu.

5. Deadpool 2 (2018)

deadpool

Via 20th Century Fox Film Corporation  

Pennonton pertama ngasih review kalo mereka suka sama karakter utama yang lucu tapi mereka kecewa karena Cable dan Domino nggak banyak muncul. Akhirnya pembuat film ini memutuskan buat memuaskan penonton dengan nambahin beberapa adegan untuk dua karakter itu. Selain itu post-credit scene di mana Deadpool menjelajahi waktu juga dihapus.

Komentar