animasi 02

Mungkin sebuah kebetulan saja. Mungkin.

 

Di bawah langit ini kayaknya udah nggak ada hal yang bener-bener baru. Semuanya merupakan hasil tiruan yang dimodifikasi sehingga memiliki sedikit (atau banyak) berbedaan dan terasa baru.

Nggak heran kalo ada banyak hal yang serupa tapi tak sama. Termasuk film-film animasi ini. Sekilas mereka tampak sama. Baik dari segi poster hingga cerita. Tapi jika diamati lebih dalam lagi, ada sedikit-banyak perbedaan hingga hasilnya pun berbeda.

Film apa aja? Nih P! kasih tau!

#1 Madagascar (2005) dan The Wild (2006)

animasi 01

Madagascar (2005) bercerita tentang empat hewan dari kebun binatang di New York yang berusaha melarikan diri hingga membawa mereka ke Pulau Madagascar. Namun di pulau tersebut tak ada kehidupan dan mereka pun berusaha mencari jalang pulang.

The Wild (2006) berkisan tentang seekor singa bernama Ryan tidak sengaja dikirim dari Kebun Binatang New York ke Afrika. Ayahnya dan beberapa binatang lainnya (koala, buaya, bunglon, jerapath, dan tupai) berusaha melarikan diri dari kebun bintang dan pergi ke Afrika untuk menemui Ryan.

#2 The Book of Life (2014) dan Coco (2017)

animasi 02

The Book of Life (2014) berkisah tentang dua sahabat, Manolo dan Joaquin, yang naksir gadis yang sama. Para dewa alam baka, La Muerte dari Land of Remembered dan Xibalba dari Land of Forgotten pun bertaruh siapa yang akan menikahi gadis itu.

Sedangkan Coco (2017) bercerita tentang bocah lelaki bernama Miguel yang sangat menyukai musik meski ditentang keluarganya. Hingga suatu hari pada peringatan Hari Orang Mati, ia berontak dan justru membawanya ke Tanah Orang Mati. Ia mencari musisi idolanya dan berharap mendapatkan restu untuk kembali ke dunia.

#3 UP (2009) dan What's Up: Balloon to the Rescue! (2009)

animasi 03

UP (2009): Seorang kakek bernama Carl enggan pindah dari rumahnya karena rumah tersebut menyimpan banyak kenangan bersama sang istri. Akhirnya ia pun memutuskan untuk membawa rumahnya menuju Amerika Selatan, ke tempat impiannya bersama sang istri dengan ribuan balon.

What's Up: Balloon to the Rescue (2009) bercerita tentang seorang ilmuwan tua yang membuat penemuan untuk membuat rumahnya terangkat ke udara. Bersama keponakannya, ia berencana untuk melakukan perjalanan keliling dunia.

#4 Kung Fu Panda (2008) dan Chop Kick Panda (2011)

animasi 04

Kung Fu Panda berkisah tentang panda kikuk bernama Po yang merupakan bagian dari pahlawan kung fu, Dragon Warrior. Ia mendapatkan pelatihan kung fu dan menjadi prajurit kungfu sejati untuk menangkap penjahat.

Sedangkan Chop Kick Panda berkisan tentang panda malam bernama Zibo yang bekerja sebagai pembersih dan bermimpi menjadi warrior. Ia nggak punya bakat berkelahi namun ia harus menghentikan harimau penjahat yang ingin mengambil alih kerajaannya.

#5 Ratatouille (2007) and Ratatoing (2007)

animasi 05

Ratataouille berkisah tentang tikus bernama Remi yang merupakan koki hebat dan bermimpi jadi koki terkenal. Akhirnya pun bekerja sama dengan pekerja dapur untuk memasak makanan dan menjadi terkenal.

Sedangkan Ratatoing bercerita tentang tikus bernama Marcelle Toing yang memiliki restoran di Rio de Janeiro. Ia mencuri bahan makanan dari restoran manusia dan menyajikan makanan terbaik.

Nah itu dia lima pasang film animasi yang serupa tapi tak sama. Gimana menurut lo?

 

 

via Bright Side

Komentar