mv5bmzmzoty5mje0nl5bml5banbnxkftztgwmjaxnjm3mde._v1_sx1777_cr001777999_al_.jpg

Biar kenal lebih deket sama Joaquin nihhh ceritanya~

Bagi beberapa orang, nama Joaquin Phoenix emang nggak terlalu populer di dunia film. Tapi kalau lo mengamati lebih jauh lagi, Joaquin Phoenix tuh sebenernya udah dari lama banget terjun di industri film Hollywood. Bahkan, keempat saudara kandungnya yakni mendiang River Phoenix, Rain Phoenix, Liberty Phoenix, dan Summer Phoenix sempat terjun juga di dunia akting. Wuhuuu, sekeluarga ternyata jago akting nih, ya~

Tahun 1986 menjadi akting Joaquin Phoenix pertama kali yakni dalam film SpaceCamp. Namun saat itu Joaquin tidak menggunakan nama aslinya melainkan nama yang dibuatnya sendiri, Leaf Phoenix. Seiring berjalannya waktu, Joaquin kembali menggunakan nama aslinya dan mulai membintangi beberapa film seperti To Die For (1995), dan Quills (2000). Nah, setelah Quills ini tawaran berbagai film mulai diterima oleh Joaquin dan namanya mulai melambung. 

Sejumlah penghargaan sempat ia raih, sebut saja seperti Academy Awards, Golden Globe Awards, Grammy Awards, dan yang terbaru adalah Venice Film Festival untuk film terbarunya, Joker. Hmmm, pasti kalau bukan karena Joker, lo nggak bakalan kepoin siapa tuh Joaquin Phoenix yeheheheh. 

Kalau lo udah ngefans sama Joaquin, pasti lo udah hafal banget film apa yang pernah diperankan sama dia. Tapi kalau lo belum kenal, nih P! kasih lo deretan film terbaik yang pernah diperankan oleh Joaquin Phoenix. Lumayan lha yaaa biar kenal lebih deket sama Joaquin sebelum 4 Oktober nonton Joker. Nyoook lhaaa ditonton~

1. Gladiator (2000)

Film yang diarahkan oleh Ridley Scott ini bercerita tentang drama sejarah klasik. Phoenix di sini berperan sebagai Commudus, anak raja yang nggak punya sopan santun, haus harta, kekuasaan, dan tahta pokoknya! Di film ini, Phoenix berperan sebagai tokoh antagonis yang membunuh ayahnya sendiri yakni Maximus. Berkat film ini, Phoenix berhasil meraih nominasi aktor pendukung terbaik di Oscar.

 

2. Walk The Line (2005)

Di tahun 2005, Phoenix menantang dirinya untuk berperan sebagai tokoh legenda musik country yakni Johnny Cash. Yep, film tersebut adalah Walk The Line yang bercerita tentang biopic dari musisi Johnny Cash dan kehidupan percintaannya dengan sang istri, June Carter Cash. Lagi-lagi, untuk film ini Joaquin mendapatkan nominasi sebagai aktor terbaik di Academy Award. 

 

3. The Master (2012)

Kemudian ada The Master, film yang terinspirasi dari kisah kontroversial dari pendiri Scientology L. Ron Hubbard. Di film ini, Phoenix berperan sebagai seorang veteran dari Perang Dunia II bernama Freddie Quell yang terjerembab dengan Lancaster Dodd, seorang pemimpin karismatik dari gerakan bernama The Cause. 

Gokilnya, berkat film ini Joaquin juga meraih nominasi Oscar untuk kategori Best Performance by an Actor in a Leading Role. 

 

4. Her (2013)

Nahhh, Her ini juga jadi film paling ikonik dari Joaquin Phoenix. Di film ini, Joaquin dinilai berhasil merepresentasikan dari rasa kesepian dan kerentanan yang dialami oleh karakternya, Theodore. Film ini bercerita tentang seorang pria yang hidup sendirian dan kesepian bernama Theodore. Untuk mengusir rasa sepinya, Theodore memutuskan untuk 'mengadopsi' artificially intelligent virtual assistant bernama Samantha dan bersuara perempuan. 

Berkat ilm ini, Joaquin berhasil mendapatkan penghargaan dan nominasi, termasuk Golden Globe untuk aktor terbaik di film motion picture musical or comedy. 

 

5. You Were Never Really Here (2018)

Film yang diangkat dari sebuah buku berjudul serupa ini merupakan film thriller yang dark dan banyak kekerasan. Namun You Were Never Really Here berhasil menyita banyak kritikan membangun karena aksi Joaquin yang memukau. Di film ini, Joaquin berperan sebagai Joe yakni seorang pria bersenjata yang dibayar untuk menyelamatkan para perempuan yang akan diperdagangkan.

Rupanya nggak cuma Joker yang mendapatkan standing ovation, ternyata You Were Never Really Here juga sempat mendapatkannya selama 7 menit saat diputar di Cannes Film Festival.

 

6. Don't Worry, He Won't Get Far on Foot (2018)

Dan yang terakhir adalah Don't Worry, He Won't Get Far on Foot. Di film ini, Joaquin beradu akting dengan tunangannya yakni Rooney Mara. Film ini diangkat berdasarkan memoar dari seorang kartunis yakni John Callahan. Phoenix didapuk berperan menjadi John Callahan yang merupakan kartunis dengan kebiasaan suka minum alkohol, lumpuh, dan hidupnya terpuruk dan ingin sembuh melalui sebuah grup terapi. 

Photo header via IMDB

Komentar