Menggunakan benda sederhana.

Selain visual, suara juga jadi elemen penting buat membuat atmosfer yang nyata dalam sebuah film. Nah, beberapa waktu yang lalu P! udah sempet ngebahas beberapa benda sederhana yang ternyata digunakan untuk menghasilkan suara yang dramatis di film. Lo bisa baca di sini. Sekarang P! mau ngasih kelanjutannya nih soalnya ini juga nggak kalah menarik. Lo juga harus tahu gimana sih proses penciptaan suara untuk film. Bocoran soal proses pembuatan efek suara ini dipersembahkan oleh Foley artists.

1. Suara api

Api yang beneran nggak bisa menghasilkan suara yang keras dan dramatis. Akhirnya untuk mendapatkan efek suara yang lebih tajam dan oke, para pembuat film memakai bubble wrap atau baking paper.

2. Tubuh yang jatuh

Suara orang jatuh di film tuh cukup khas yah? Tentu untuk mendapatkan suara itu bukan dengan meminta aktor menjatuhkan diri sekeras mungkin supaya suaranya lebih terdengar. Bukan itu caranya. Mereka pakai buku besar dan tebal yang dijatuhkan. Suara yang dihasilkan akan sangat mirip.

3. Detak jantung

Di film dengan edegan yang menegangkan atau serem, butuh efek suara jantung berdetak buat bikin suasana makin emosional. Nah, efek suara itu dihasilkan dari ember plastik. Caranya, si ember bakal dibalik dan bagian bawahnya bakal ditekan dengan ritme tertentu supaya suaranya mirip detak jantung.

4. Tinju atau tonjokkan

Nggak ada aktor yang mau terluka atau sampai memar-memar gara-gara adegan di film. Makanya buat mendapatkan suara pukulan, tonjokkan, atau tamparan, butuh daging mentah. Kenapa daging mentah? Soalnya daging mentah yang dijatuhkan ke permukaan yang keras akan menghasilkan efek suara yang mirip.

5. Senjata api

Lo penasaran gimana sih cara bikin suara tembakan dari senjata api ala film? Ternyata nggak yang dipakai adalah staple gun. Dengan editing dikit, suaranya udah jadi meyakinkan banget.

Sumber: Brightside

Komentar