fordvferrari

Terinspirasi dari kisah nyata persaingan antara Henry Ford II dan Enzo Ferrari di Ajang Le Mans 24 Jam tahun 1966

 

"Ford v Ferrari" mulai tayang di bioskop sejak 15 November 2019. Sejak penayangan tersebut, film ini menerima banyak respon positif dari para kritikus film dan penonton. Film yang terinspirasi dari salah satu kisah nyata paling legendaris dalam dunia otomotif ini mampu menghadirkan keseruan dunia balap dengan perspektif yang unik, dilengkapi dengan sentuhan humor dan emosi yang semakin memperkuat kisahnya. Performa kedua pemeran utama, Matt Damon dan Christian Bale, juga menjadi sorotan dalam film ini, membuat keduanya menjadi kandidat yang kuat di ajang Oscar mendatang.

Di balik persaingan intens di arena balap dan kisah menyentuh persahabatan Shelby dan Miles, film “Ford v Ferrari” memiliki beberapa fakta menarik yang patut diketahui oleh para penggemar:

Le Mans 24 Jam Merupakan Salah Satu Ajang Balapan Paling Bergengsi

ford v ferrari 1

Persaingan antara dua raksasa otomotif Ford dan Ferrari dimulai pada tahun 1960-an dan berakhir di arena balapan Le Mans 24 Jam pada tahun 1966. Le Mans 24 Jam merupakan ajang balapan ketahanan yang paling terkenal di dunia. Pada puncaknya, lebih dari 300.000 penonton memadati area Circuit de la Sarthe yang terletak di luar Le Mans.

Christian Bale Bertemu dengan Anak Ken Miles, Peter, untuk Mendalami Perannya

Sebagai bagian dari riset, aktor pemeran Ken Miles, Christian Bale, bertemu dengan Peter, anak dari Ken Miles. Bale memberikan beberapa pertanyaan tentang Miles, terutama deretan pertanyaan tentang kebiasaan Miles yang diketahui Peter. Pada kesempatan itu Peter juga berbagi kisah-kisah unik yang ia lalui bersama sang legenda tersebut.

ford v ferrari 2

Tiga Pembalap dalam Le Mans 24 Jam di film “Ford v Ferrari” Merupakan Anak dari Pembalap yang juga Berpartisipasi dalam Ajang tersebut

Tim produksi “Ford v Ferrari” memastikan film ini memiliki sentuhan personal yang kuat. Tiga pembalap yang ikut serta dalam adegan Le Mans 24 Jam di film “Ford v Ferrari” merupakan anak dari para pembalap legendaris yang juga berpartisipasi dalam ajang tersebut. Ketiganya adalah Alex Gurney berperan sebagai ayahnya, Dan Gurney; Derek Hill anak dari Phil, serta Jeff Bucknum anak dari Ronnie, rekan Miles di ajang Le Mans 24 Jam tahun 1966.

Lebih dari 34 Mobil Diproduksi

Mobil-mobil yang ditampilkan dalam film “Ford v Ferrari” memberikan daya tarik tersendiri bagi para penonton, terutama para pecinta otomotif. Tim produksi membangun 34 mobil khusus untuk pembuatan film ini. Ada beberapa mobil yang harus dirancang dan dibuat kembali sendiri. Mereka membuat sebanyak 15 mobil Ferrari, 5 mobil Porsche, dan beberapa mobil GT40s yang ikonik.

ford v ferrari 3

Tantangan dalam membangun Set Arena Le Mans 24 Jam dalam film “Ford v Ferrari”

Proses pembuatan set arena Le Mans 24 Jam dalam film ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para tim produksi. Mereka harus membangun kembali seluruh trek Le Mans 1966. Tim produksi harus membuat trek sepanjang 10 km di empat kota untuk membantu set tersebut.


Disutradarai oleh sineas ulung, James Mangold, “Ford v Ferrari” telah ditayangkan lebih dulu dalam perhelatan Telluride Film Festival 2019 dan Toronto International Film Festival 2019. Film ini mendapat sambutan luar biasa dari para kritikus film berkat arahan sang sutradara dan penampilan menawan para aktor yang terlibat didalamnya. “Ford v Ferrari” sendiri dipercaya untuk masuk dalam ajang Oscar® mendatang dan berpotensi untuk memenangkan beberapa kategori penghargaan. “Ford v Ferrari” telah tayang di bioskop-bioskop Indonesia sejak 15 November 2019.

Komentar