bestmovie

Lo udah nonton semuanya belom?

Di ujung tahun 2016, majalah tersohor Amerika, TIME, membuat “The Top 10 of Everything”. Naaah, salah satu dari sekian daftar yang ada, ada 10 film terbaik 2016. Apa aja filmnya? Nih P! kasih tau!

The Shallows

Nancy (Blake Lively), terdampar di sebuah karang di tengah pantai dengan keadaan terluka dan harus bertahan hidup dengan ancaman Hiu. Sebuah survival horror thiller ciamik dan menegangkan arahan Jaume Collet-Sera yang bikin lo nggak bisa berhenti nonton.

Everybody Wants Some!!

Sebuah karya Richard Linklater tentang pemain baseball pada tahun 1980-sebuah “sequel spiritual” dari karyanya pada tahun 1993, Dazed and Confused. Sebuah film komedi ringan yang menampilkan esensi dari semua keinginan masa muda.

La La Land

Setelah sebelumnya menjadi sutradara Whiplash, Damien Chazelle membuat La La Land, film musikal karya Damien Chazelle tentang Mia (Emma Stone) yang merupakan seorang aktris dan Sebastian (Ryan Gosling), seorang musisi jazz. Seiring kesuksesan mereka merintis karir, mereka dihadapkan ke berbagai keputusan yang semakin memisahkan mereka ke satu sama lain.

Tower

Sebuah film dokumenter rotoscopic tentang peristiwa 1 Agustus 1966. Seorang pria bersenjata naik ke lantai 27 menara University of Texas dan melepaskan tembakan. 14 orang tewas dan melukai puluhan orang lainnya. Sang sutradara, Keith Maitland, mengombinasikan dokumentasi, testimoni saksi mata dengan animasi dan menghasilkan efek yang jelas.

Manchester by the Sea

kisah seorang penyendiri yang depresif (Casey Affleck) yang perlahan melepaskan “bebannya”. Sebuah film tentang kesedihan yang dikemas dengan humor. Seperti film-film Kenneth Lonergan yang lain, Manchester by the Sea membuat penontonnya “menghidupi” karakter-karakter pada filmnya dan bikin film ini jadi tontonan menarik.

Silence

Sebuah film karya Martin Scorsese yang diangkat dari novel kara Shusaku Endo. Dibintangi Adam Driver dan Andrew Garfield, Silence berkisah sebuah kisah tentang orang portugis di abad ke 17 yang pergi ke Jepang untuk menyebarkan agama Kristen. Film ini, menurut Scorsese, meditative and melancholic, and elaborately illuminated prayer book of brutal beauty.

Elle

Sebuah kisah tentang seorang businesswoman (Isabelle Huppert) yang mencari orang yang tak ia kenal yang pernah menyerang dan memerkosanya. Film arahan Paul Verhoevern yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu film paling berani dan menantang sepanjang tahun 2016.

Loving

Walaupun perbudakan di Amerika udah dihapus sejak 1865, hubungan interracial masih ilegal di beberapa negara bagian pada tahun 1967. Loving adalah film yang bercerita tentang kisah cinta antara Richard (Joel Edgerton) dan Mildred Loving (Ruth Negga) yang berbeda warna kulit, serta perjuangan mereka melawan hukum hubungan antar ras di Virginia. Loving dianggap berhasil menceritakan cinta dengan indah dan menjadi pengingat bahwa cinta dapat membuat segalanya bisa terjadi. Aseeek.

Paterson

Tentang seorang mantan prajurit Amerika yang bekerja sebagai supir bis di Paterson, New Jersey. Sang supir, yang juga bernama Paterson (Adam Driver) menulis puisi di sela waktu istirahatnya sebagai supir bis. Lewat Paterson, sang penulis sekaligus sutradara, Jim Jarmusch, menulis surat cinta untuk kota-kota di Amerika dan menunjukan bahwa apa yang kita lakukan di waktu senggang, justru menunjukan siapa kita sebenarnya.

Moonlight

Sebuah kisah cinta, kisah antara ibu dan anak, dan kisah tentang isolasi dari dunia. Tentang Chiron yang mencari jati dirinya, terbagi menjadi 3 fase dan diperankan dengan baik oleh 3 aktor berbeda (Alex Hibbert, Ashton Sanders, Trevante Rhodes). Sebuah film yang harus lo tonton sebelum 2016 berakhir.

Komentar