gettyimages 187137230

Jangan-jangan lo sampe lupa mau nonton film kalo ke sini!

Some cinemas offer more than just the movie. Lo bukan cuma akan mendapatkan tontonan di layar yang gede dan suara yang mumpuni sambil makan popcorn, tapi lo juga bakal dimanjain sama keindahan plus fasilitas-fasilitasnya yang bikin betah. Nih, beberapa bioskop indah dari seluruh dunia yang kali aja pengen lo kunjungi suatu saat nanti.

1. Electric Cinema (London)

The Electric Cinema di Notting Hill, London, adalah salah satu bioskop paling tua di Inggris. Ruangan teater yang terdiri dari 65 lima kursi empuk yang nyaman ini punya suasana yang romantis sekaligus klasik abis. Bukan cuma kursi dengan footstools, bahkan ada juga meja beserta lampu duduknya. Plus, di deretan depan disediain enam double bed yang super nyaman. Semua penontonnya juga dipinjemin selimut kalo nonton di sini. Waaa, betah!

2. Sci-Fi Dine-In Theatre Restaurant (Orlando, Florida)

The Sci-Fi Dine-In Theatre Restaurant ini adalah salah satu restoran yang ada di Disney's Hollywood Studios di Florida. Bukan cuma restoran yang bergaya sci-fi, para pengunjungnya juga bisa nikmatin makanan sambil nonton film-film lama di mobil-mobil tua yang disulap jadi tempat duduk.

3. Elgin Winter Garden Theatre (Toronto)

Teater terbesar dan salah satu yang terindah di seluruh dunia. Bahkan Elgin and Winter Garden Theatre juga jadi situs bersejarah nasional.

4. Hot Tube Cinema (Worldwide)

Hot Tub Cinema adalah bioskop dengan tema pop up yang diluncurkan 2012 lalu, mengkombinasikan hot tube dan film. Iya sesuai sama namanya, lo bakalan nonton film sambil berendam di air panas, di lokasi outdoor. Sejauh ini, Hot Tube Cinema udah pernah diadain di New York, Ibiza, London, Bristol, Birmingham, dan Manchester.

5. Film on the Rock (Denver)

Film on the Rocks adalah proyek kolaborasi dari Denver Film Society dan Denver Arts & Venues. Setiap musim panas, Red Rocks Amphitheatre di Morrison, Colorado, jadi tempat diselenggarainnya pemutaran film dan live show berupa pertunjukkan musik dan komedi. Cool!

6. The Orange Cinema Club (Beijing)

The Orange Cinema Club adalah bioskop paling eksklusif yang ada di China. Interiornya terdiri dari zona Piano Bar, ruangan privat buat VIP, Cigar Club, dan tiga auditorium mewah yang diberi nama Black Room, Orange Garden, dan Pink Sky.

7. Lamorinda Theatres (California)

Merupakan bioskop dengan art-deco style yang dibuka sejak tahun 1941. Lamorinda masih beroperasi di Orinda, California, dan kadang nyediain malam pertunjukan film gratis loh.

8. Urania National Film Theatre (Budapest)

Sesuai sama arsitekturnya, bioskop ini udah ada sejak tahun 1890-an bergaya Venetian Gothic dan Eastern Morish. Awalnya bioskop ini dipake buat tempat konser dan dance hall. Sekarang, Urania National Film Theatre dibuka untuk menonton film.

9. Arena Pula (Kroasia)

Salah satu Amfiteater yang tersisa dari seluruh dunia, Pula Arena emang indah banget. Bayangin rasanya nonton film di tempat yang tadinya jadi arena pertarungan para gladiator!

10. Filmnatche Al Embufer (Jerman)

Salah satu bioskop outdoor yang harus lo datengin juga kalo ke Jerman. Diadain tiap bulan Juli sampe Agustus.

11. Cineteca (Madrid)

Berlokasi di bekas rumah jagal atau slaughterhouse, Cineteca adalah bagian dari sebuah institusi seni. Selain film, ada juga visual art, musik, serta dance yang dipentaskan di sini. Nah buat nonton film, disediain ruangan khusus yang bernama Sala Azcona.

12. Paramount Theatre (California)

Paramount Theatre didesain oleh Timothy L. Pflueger dan dibangun pada tahun 1931. Selain jadi Landmark bersejarah, sekarang juga digunain buat pementasan film, komedi, musik, serta dance.

Bonus: Layar Tancep (Indonesia)

Walaupun nggak se-arsty yang lain, yang satu ini tetep juara sih. Apalagi kalo nontonnya sama temen-temen masa kecil, sambil makan jagung dan kacang rebus, plus minum wedang ronde. Beuh!

Komentar