fil4

Gara-gara nggak laku di bioskop, nggak jadi ada lanjutannya deh

Kalo diperhatiin, setiap tahunnya Hollywood emang pasti memproduksi film superhero. Dan film-film superhero yang biasanya diangkat dari tokoh komik ini selalu punya banyak fans. Nggak heran, para produsennya pun berani ngerogoh kocek dalem-dalem buat bikin film yang ciamik, bahkan sampe dibikin banyak sekuelnya dengan plot dan cerita yang disambung-sambungin. Kayak sinetron Tersanjung gitu deh.

Tapi ternyata nggak selamanya film-film superhero laku di pasaran. Gara-gara itu, film yang tadinya berencana untuk dibikin sekuelnya, akhirnya terpaksa harus dibatalin. Akibatnya, banyak yang jadi plot hole dan ceritanya berhenti gitu aja di tengah-tengah. Contohnya film-film ini nih:

1. Fantastic Four (2015)

The Fantastic Four reboot ini sebenernya punya potensi yang gede banget buat jadi film blockbuster. Bayangin aja ada Miles Teller, Michael B. Jordan, Kate Mara, dan Jamie Bell di dalam satu film. Tapi sayangnya, yang terjadi justru kebalikan. Bukan cuma jadi film Fantastic Four yang paling dikit pendapatannya, film ini juga bener-bener dikritik habis-habisan sama penonton dan kritikus film. Akibatnya, sekuelnya yang tadinya udah direncanain bahkan sebelum film ini diproduksi pun langsung dibatalin.

2. DREDD (2012)

Karakter Judge Dreed dari 2000 AD comic strips dibawa ke layar lebar untuk kedua kalinya. Alex Garland, sang produser menyebutkan kalo Dredd berhasil mendapatkan 50 juta dolar di Amerika, mereka akan ngebikin triloginya sesuai rencana. Sayangnya, target penghasilannya nggak memenuhi, walaupun filmnya sebenernya nggak jelek dan banyak disukai sama para fans. Karl Urban yang memerankan The Judge di Dredd bilang, "The success it has achieved in all post-theatrical mediums has definitely strengthened the argument in favor of a sequel. But it's not an easy sell," due to its "unfortunate" performance in the box office."

3. Green Lantern (2011)

Masih inget nggak sih kalo Ryan Reynolds pernah main di film Green Lantern, tahun 2011 lalu? Bahkan ending filmnya yang ngegantung bikin penonton yakin kalo film ini pasti ada sekuelnya. Tapiiiiii, sayangnya gara-gara nggak terlalu laku di pasaran, Warner Bros ngebatalin rencana-rencana film selanjutnya dari karakter DC Comics ini.

4. Superman Returns (2006)

Walaupun berhasil ngedapetin penghasilan yang hampir dua kali lipat dari biaya produksinya dan dapet kritik lumayan bagus dari penonton, sekuel Superman Returns nggak jadi dibikin sama Warner Bros. Dari mulai produksi yang ketahan-tahan dan terus ditunda, akhirnya Warner Bros bilang lebih baik kalo film Superman dibikin reboot-nya aja, soalnya film tahun 2006 ini nggak memungkinkan untuk dilanjutin ceritanya.

5. The Punisher (2004)

Punisher 2 tadinya udah bener-bener siap diproduksi, sampe tiba-tiba semuanya memutuskan mundur dari sekuel film The Punisher ini. Dari mulai bintang utamanya, Thomas Jane, sutradaranya  Jonathan Hensleigh, sampe pengganti sutradara John Dahl. Akhirnya, The Punisher: 2 berubah menjadi The Punisher: War Zone yang dirilis tahun 2008, sebuah remake yang nggak punya hubungan apa-apa sama film pertamanya.

6. Hulk (2003)

Sutradara Ang Lee emang beberapa kali menangin penghargaan di Academy Awards, tapi ternyata itu belum cukup buat bisa bikin film superhero yang keren dan laku di pasaran. Waktu Hulk rilis tahun 2003, filmnya sebenernya nggak gagal-gagal banget, tapi ternyata nggak cukup bikin penonton antusias untuk nungguin sekuelnya. Bahkan penulis naskahnya Hulk sempet bilang, "I had a really cool idea [for the sequel], that would have been awesome," tapi nyatanya nggak pernah jadi kenyataan. Akhirnya tahun 2008, dibikinlah reboot dari Hulk yang berjudul The Incredible Hulk.

 

Duh, sayang banget ya!

Komentar

Login to P!