snapedeath

After all this time? Always.

Nggak terasa udah 16 tahun sejak franchise film Harry Potter yang pertama, Harry Potter and the Sorcerer's Stone dimulai. Dari tahun 2001 sampe film Harry Potter and the Deathly Hollows bagian dua yang dirilis 2011 lalu, banyak banget aktor-aktor yang ikut "menghidupkan" dunia sihir kesayangan kita. Bukan cuma Daniel Radcliffe, Emma Watson, atau Rupert Grint aja, tapi juga para aktor pendukungnya.

Sayangnya, nothing lasts forever, dan udah banyak aktor-aktor di film Harry Potter yang udah ninggalin kita juga. Sejak tahun 2001 sampai sekarang, ada 17 aktor yang meninggal, baik karena penyakit maupun kejadian-kejadian nggak terduga. They may be gone, they will be forever remembered!

1. Richard Harris

Berperan sebagai: Albus Dumbledore (#1)

Aktor Richard Harris adalah aktor yang memerankan Albus Dumbledore pertama kali di film Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Sayangnya, Richard Harris meninggal karena penyakit limfoma hodgkin di umurnya yang ke-72. Selain main di film Harry Potter, dia juga pernah membintangi film Gladiator dan The Count of Monte Cristo.

2. Alan Rickman

Berperan sebagai: Severus Snape

Kepergian Alan Rickman tahun lalu jadi salah satu momen tersedih yang dirasain Hollywood dan para fans di seluruh dunia. Aktor yang berperan sebagai Profesor Snape ini meninggal setelah berjuang melawan kanker pankreas. Sang penulis Harry Potter, J.K Rowling menyebutkan bahwa Alan Rickman adalah "a magnificent actor and a wonderful man". Film terakhir Alan, Alice Through the Looking Glass dirilis setelah dirinya meninggal dunia di usia 69.

3.  Richard Griffiths

Berperan sebagai: Vernon Dursley

Karakter Paman Dursley mungkin emang nyebelin banget, tapi nggak dengan aktor pemerannya, Richard Griffiths. Ia meninggal pada tahun 2013 karena komplikasi setelah menjalani operasi hati, meninggalkan istrinya yang udah dinikahi selama 33 tahun.

4. John Hurt

Berperan sebagai: Garrick Ollivander

John Hurt adalah aktor Harry Potter terbaru yang meninggal dunia, dan pemeran Mr. Ollivander ini meninggal karena penyakit yang sama dengan yang diderita Alan Rickman.

5. Robert Knox

Berperan sebagai: Marcus Belby

Marcus Belby mungkin nggak sering lo denger. Ia adalah nama karakter murid Hogwarts asal asrama Ravenclaw yang muncul di Harry Potter and the Half-Blood Prince. Pemerannya, Robert Knox adalah aktor baru yang baru aja memulai karir di dunia hiburan, tapi tiba-tiba meninggal dunia secara tragis di usia 18 pada tahun 2008. Penyebabnya karena terkena tusukan setelah mencoba membela adiknya dari perkelahian di pub.

6. Roger Lloyd-Pack

Berperan sebagai: Barty Crouch Sr.

Lagi-lagi kanker pankreas berujung kematian. Aktor Roger Lloyd-Pack, sama dengan John Hurt dan Alan Rickman meninggal karena penyakit tersebut di usia 69 tahun. Selain berperan sebagai Barty Crouch senior di Harry Potter, Roger Lloyd-Pack juga terkenal lewat perannya di sitkom Only Fools and Horses dan Doctor Who.

7. Timothy Bateson

Berperan sebagai: Kreacher (#1)

Timothy Bateson adlaah pengisi suara untuk karakter Kreacher, Setelah ia meninggal di tahun 2009, ia digantikan oleh Simon McBurney.

8. Elizabeth Spriggs

Berperan sebagai: The Fat Lady (#1)

Kalo lo penggemar Harry Potter, pasti tau dong sama lukisan The Fat Lady yang tergantung di depan pintu masuk asrama Gryffindor? Nah The Fat Lady diperankan oleh Elizabeth Spriggs di dua film pertama HP, sebelum akhirnya diganti sama aktor lain mulai film ketiga. Elizabeth Spriggs sendiri meninggal pada tahun 2008.

9. Terence Bayler

Berperan sebagai: The Bloody Baron

Pemeran hantu Baron Berdarah asal New Zealand ini meninggal cukup baru, yaitu pada bulan Agustus 2016 lalu di usianya yang ke-86.

10. Dave Legeno

Berperan sebagai: Fenrir Greyback

Dave Legeno sukses memerankan sang manusia serigala yang juga pelahap maut, Fenrir Greyback. Sayangnya, aktor ini meninggal secara tragis di California pada tahun 2014 lalu. Tubuhnya ditemukan setelah 3-4 hari meninggal dunia.

11. Eric Sykes

Berperan sebagai: Frank Bryce

Perannya di HP mungkin emang nggak besar, tapi lo pasti inget scene pembuka yang ikonik di film Harry Potter keempat, yaitu seorang tukang kebun keluarga Riddle yang diperanin sama Eric Sykes. Sang aktor meninggal dunia karena usia tua, yaitu 89 tahun pada Juli 2012.

12. Peter Cartwright

Berperan sebagai: Elphias Doge (#1)

Peter Cartwright berperan sebagai Elphias Doge, seorang member Order of the Phoenix di film kelima Harry Potter, sebelum digantikan oleh David Ryall pada film Deathly Hallows: Part 1. Ia meninggal pada usia 78 karena kanker.

13. David Ryall

Berperan sebagai: Elphias Doge (#2)

Tragis banget! Dalam satu series film, dua Elphias Doge meninggal dunia. Sang pemeran penggantinya, David Ryall meninggal tahun 2014 di usia 79.

14. Jimmy Gardner

Berperan sebagai: Ernie Prang

Inget Ernie Prang, supir dari bus ksatria/Knight Bus yang super ngebut dan bisa berubah-ubah wujud itu dong? Sang aktor, Jimmy Gardner menghembuskan napas terakhir pada Mei 2010 karena pneumonia.

15. Hazel Douglas

Berperan sebagai: Bathilda Bagshot

Karakter Bathilda Bagshot disebut-sebut di film Harry Potter sebagai wanita tua yang didiami ular di dalam tubuhnya. Sang aktris, Hazel Douglas meninggal tahun lalu di usia ke-92.

16. Rik Myall

Berperan sebagai: Peeves

Fans-fans Harry Potter garis keras yang baca semua novelnya pasti tau Peeves, si hantu jahil. Namanya sering banget muncul dari buku pertama sampe buku terakhir, sayangnya Peeves malah menghilang di filmnya. Tapi tau nggak sih kalo di film pertama Harry Potter, sebenernya Peeves diperanin oleh aktor Rik Myall. Sayangnya, semua scene nya terpaksa di cut dan nggak lolos editing gara-gara hasil CGI nya nggak memuaskan. Akhirnya di film-film selanjutnya, nggak ada lagi deh scene nya Peeves. Rik Myall sendiri meninggal pada tahun 2014 gara-gara serangan jantung akut pas lagi jogging. Beberapa aktor dan kru HP dateng ke pemakamannya, termasuk Alan Rickman.

17. Alfred Burke

Berperan sebagai: Armando Dippet

Aktor Alfred Burke yang berperan sebagai Armando Dippet, kepala sekolah Hogwarts sebelum Dumbledore meninggal  12 hari jelang ulang tahunnya yang ke-93 karena infeksi dada.

 

Sedih yaaa! Tapi mereka-mereka akan selalu diinget semua fans di seluruh dunia yang tumbuh bareng Harry Potter, kayak adegan Snape dan Dumbledore yang akan selalu kita inget, "after all this time?", "always".

Komentar