iot pnj

Yang jago bikin robot, wajib ikutan.

Himpunan Mahasiswa Elektro PNJ (Politeknik Negeri Jakarta) kembali hadir mengadakan kompetisi tingkat Universitas dan Politeknik se-Indonesia yang diberi nama ‘E-TIME 2018’.

E-TIME (Electro Activities Programme) merupakan program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Elektro PNJ yang tahun ini sudah menginjak tahun ke-9. E-TIME 2018 juga merupakan kompetisi tingkat nasional yang mewadahi pengembangan potensi serta kreatifitas mahasiswa dalam membangun teknologi di masa yang akan datang.

Mengambil tema “technology throught imagionation”, kompetisi ini akan diselenggarakan selama 4 hari, yaitu mulai tanggal 4 April 2018 sampai 7 April 2018 di kampus Politeknik Negeri Jakarta. Tujuan diadakannya acara E-TIME adalah meningkatkan jiwa kompetisi seluruh mahasiswa Indonesia untuk bersaing dalam bidang teknologi dan juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa terhadap hasil karyanya guna meningkatkan semangat dalam berkreasi dan berkarya.

Untuk kategori yang akan diperlombakan adalah:

  1. Robot Mini Industrial yaitu perlombaan yang menggunakan satu robot manual dan satu robot otomatis untuk memindahkan suatu barang dalam waktu sesingkat mungkin. Robot otomatis merupakan aplikasi pengembangan dari Robot Line Follower (RLF), sedangkan robot manual merupakan robot yang dikontrol menggunakan joystick. Perlombaan ini terdiri dari 3 orang per tim.
  2. Internet of Things (IoT), yaitu perlombaan yang menggunakan sistem tertanam yang berhubungan dengan sistem IoT (Internet Of Things) dengan menggunakan jaringan internet yang berfungsi sebagai tempat bertukar informasi berupa instruksi sehingga dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Perlombaan ini terdiri dari 3 orang per tim.
  3. Programmable Logic Control (PLC), yaitu perlombaan yang mengontrol atau mengoperasikan mesin dengan memprogram dalam bentuk ladder logic. Perlombaan ini dari 2 orang per tim.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mengikuti kompetisi E-TIME 2018, langsung aja deh kepoin Instagram dan Ask.fm (@etime_pnj) dan website etime.hme-pnj.com.

Komentar