Submit karya eksperimental terbaik lo ke dalam festival video internasional heboh-hebohan ini.

OK Video Festival kembali hadir di bulan September 2013 mendatang. Setelah di tahun sebelumnya tampil dengan tema "Flesh", kali ini OK Video membawa tema "Muslihat" untuk seleksi karya-karya yang masuk ke dalamnya. Apa sih muslihat itu maksudnya? Ini dia penjelasan dari OK Video:

OK. Video tahun ini mengusung tema Muslihat yang mencoba melihat dan membaca praktik mengakali teknologi dalam keseharian, terutama di negara-negara ‘non-produsen’, seperti Indonesia. Muslihat yang dalam bahasa Indonesia berarti “daya upaya”, “siasat atau taktik” dan “strategi” dianggap mampu mewakili fenomena praktik mengakali teknologi yang dilakukan oleh konsumen. Muslihat, dalam waktu bersamaan juga mengandung makna mistis; membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dengan sedikit “daya upaya” dan “taktik”, sebuah produk teknologi yang diciptakan dengan bentuk dan fungsi terbatas, dapat berfungsi sesuai dengan perpanjangan hasrat kebutuhan si pengguna.

Mengakali teknologi dapat dilihat sebagai upaya menambah atau mengubah fungsi atau nilai guna benda, subtitusi, menambah usia penggunaan, main-main, dan estetika. Motif-motif tersebut akan melihat, membaca, dan merefleksikan bagaimana konsumen (masyarakat) menyikapi dan mengkritisi kehadiran produk teknologi media sebagai benda produksi massal.

Udah kebayang mo mikir apa? Seperti tahun-tahun sebelumnya, OK Video membuka pendaftaran untuk karya berupa moving image, layar tunggal, karya online, dan instalasi. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 10 Juli 2013 mendatang. Untuk info dan formulir pendaftaran, bisa disimak di www.okvideofestival.org.

Komentar