rsdi2019

Hadirkan 72 record store, 38 penampil, dua panggung, dan penggalangan dana.

Buat para pecinta musik, khususnya para penggila rilisan fisik seperti vinyl, kaset, CD, dan bands merchandise siap-siap nih merayakan Record Store Day 2019. Soalnya nih, Record Store Day Indonesia akan kembali digelar untuk ke-8 (delapan) kalinya.

Tahun ini, Record Store Day 2019 akan diselenggarakan selama 2 (dua) hari, Jumat dan Sabtu, 12-13 April 2019 di Kuningan City – Jakarta. Record Store Indonesia 2019 akan dimeriahkan sebanyak 72 partisipan record store, 30 rilisan fisik serta 38 musisi penampil.

Selain dari keterlibatan banyak partisipan dari record store dan band, acara akbar yang kali pertama didukung oleh Fred Perry ini akan melakukan serangkaian acara spesial. Diantaranya adalah kali pertamanya hadir dua panggung dalam sejarah perhelatan Record Store di Indonesia ini, yaitu Fred Perry Stage dan Provoke! Stage. Masing-masing panggung akan diisi oleh penampil yang juga melepas rilisannya secara khusus di Record Store Day Indonesia 2019. 

Selain performance musik, akan digelar juga talkshow dengan topik-topik yang menarik seputar rilisan fisik juga musik pada umumnya. Sebagai bentuk dukungannya, Fred Perry juga akan menggelar aktivitas berupa bagi-bagi totebag secara gratis. Ini menjadi hal menarik untuk anak muda pecinta brand terkemuka asal Inggris ini untuk ikut memiliki totebag keren mereka.

Sebanyak 72 independent record store yang ikut berpartisipasi dalam 8th Record Store Day Indonesia 2019 berasal dari Jakarta dan sekitarnya, serta tak terkecuali dari Bandung dan beberapa daerah di pulau Jawa.

Ada 30 karya rekaman fisik yang dirilis eksklusif di ajang 8th Record Store Day Indonesia 2019, karya-karya tersebut berasal dari band-band independen yang kerap merilis rekamannya dalam format fisik, dari kaset dan CD. Beberapa nama band diantaranya adalah Kelompok Penerbang Roket, Lightcraft, Pijar, Zigi Zaga dan masih banyak lagi.

Ajang 8th Record Store Day Indonesia 2019 juga akan menghadirkan beberapa penampilan spesial, antara lain adalan penampilan dari musisi indiepop Malaysia - Noh Salleh, Saint Loco, kolaborasi Djenks dan Artificial Life, Zeke and the Popo dan masih banyak lagi.

Selain kemeriahan-kemeriahan tersebut, di ajang 8th Record Store Day Indonesia 2019  juga akan digelar penggalangan dana untuk Lian Jalsur. Lian yang bernama lengkap Lian Nasution adalah salah satu pemilik Lian Records, toko/kios piringan hitam di Jalan Surabaya yang namanya harum di kalangan kolektor vinyl dan rilisan fisik selama bertahun-tahun.

Lian dikabarkan sakit sejak lama dan memerlukan biaya penyembuhan dan perawatan. Adanya keterikatan para kolektor dan pecinta piringan hitam banyak musisi independen inilah yang membuat aktivitas penggalangan dana ini khusus digelar di 8th Record Store Day Indonesia 2019.

Record Store Day Indonesia tak melulu acara yang menghadirkan hiburan dan edukasi semata, namun bisa sebagai bentuk kepedulian yang konkret terhadap sesama manusia. Yang ingin berburu rililisan fisik dari band-band ternama Indonesia, langsung aja datang ke 8th Record Store Day Indonesia 2019.

Komentar