blue white lipped island pit viper

Hati-hati ya

Kalo ngeliat apa-apa dari bungkusnya pasti kadang kecewa karena isinya yang zonk. Nggak semua cewek cantik itu pinter, nggak semua cowok jelek itu nggak enak diajak ngomong, nggak semua anjing lucu itu nggak galak. Sama halnya dengan hewan-hewan ini.

Matthijs Kuijpers adalah seorang petualang dan fotografer Belanda. Dia menghabiskan 27 tahun terakhir bepergian dan mengambil gambar hewan berdarah dingin yang paling berbahaya, mengejutkan, dan hampir punah di luar sana.

Matthijs mengumpulkan foto-foto terbaiknya di buku pertamanya: COLD INSTINCT. Untuk mewujudkan ini, dia baru saja meluncurkan kampanye crowdfunding. Buku ini adalah koleksi terbaik dari beberapa spesies paling aneh yang pernah merangkak atau merayap di Bumi; dan beberapa di antaranya suka sembunyi loh.

1. Atheris hispida

atheris hispida

Atheris hispida adalah spesies ular berbisa endemik di Afrika Tengah . Ia dikenal karena sisik dorsalnya yang sangat lebat yang memberikan penampilan yang kuat. Spesies ini menghasilkan racun kuat yang menginduksi pendarahan hebat pada organ dalam. Jumlah dan kekuatan racun tergantung pada usia ular, wilayah geografis, ketinggian dan bahkan cuaca. Gigitan ular ini bisa berakibat fatal bagi manusia karena penawar racun ini tidak ada.

2. Blue White-Lipped Island Pit Viper

blue white lipped island pit viper

Trimeresurus albolabris atau Blue White-Lipped Island Pit Viper adalah spesies viper pit berbisa endemik Asia Tenggara sekitar daerah Jawa Barat. Ular ini juga termasuk pemangsa yang agresif. Pit Viper ini juga ditemukan di jalan-jalan di Bali, di mana ia merupakan salah satu penyebab paling umum dari gigitan ular beracun.

3. Satanic Leaf-Tailed Gecko

 

Uroplatus phantasticus atau satanic leaf-tailed gecko adalah spesies tokek asli dari pulau Madagaskar. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1888 oleh George Albert Boulenger, U. phantasticus adalah yang terkecil dalam spesiesnya. Jika perlu, mereka dapat memutuskan ekor mereka untuk menipu pemangsa. Spesies ini sangat rentan terhadap dampak deforestasi dan perusakan habitat karena sering diburu untuk dijual.

4. Gran Canaria Blue Tailed Skink

gran canaria blue tailed skink

Gran Canaria skink (Chalcides sexlineatus) adalah spesies kadal dalam keluarga Scincidae yang endemik Gran Canaria. Habitat alaminya adalah hutan beriklim sedang, belukar beriklim sedang, vegetasi belukar tipe Mediterania, padang rumput beriklim sedang, daerah berbatu, pantai berpasir, padang rumput, dan perkebunan. Banyak yang bilang Blue Tailed Skink ini beracun, salah satu kasusnya yaitu kucing yang keracunan setelah memakan hewan tersebut.

5. Strawberry Poison Frog

strawberry poison frog

Memiliki nama lain Oophaga pumilio, katak ini adalah spesies yang ditemukan di Amerika Tengah yang membentang dari Nikaragua tengah timur melalui Kosta Rika dan Panama barat laut. Seekor Strawberry Poison Frog memiliki cukup racun untuk membunuh 10 orang dewasa, membuat katak-katak ini menjadi salah satu binatang paling beracun.


Masih banyak hewan-hewan cantik yang terdapat pada proyek The Cold Instinct, cek di Instagram Matthijs Kuijpers.

Komentar