foto 4

Yang tadinya pengen skip jadi nonton iklan sampe abis

Hari ini Google merilis daftar peringkat iklan YouTube untuk kategori iklan yang dapat dilewati (skippable ads) selama semester pertama 2019, serta meluncurkan platform baru guna membantu insan kreatif di Indonesia untuk membuat iklan yang bagus dan menarik.

foto 3

Daftar ini berisi 10 iklan dan konten terpopuler dari berbagai brand yang ditonton masyarakat Indonesia di YouTube, yang memadukan unsur popularitas dan promosi. Semua iklan dalam daftar ini sebenarnya bisa dilewatkan oleh penonton (skippable ads), namun cerita yang disuguhkan oleh brand-brand tersebut sangatlah menarik sehingga mereka memilih untuk menontonnya hingga tuntas. Tema dan tren penting yang terkandung dalam iklan-iklan ini adalah:

1. Bekerja sama dengan kreator untuk menyampaikan cerita menarik.

Berkolaborasi dengan kreator YouTube populer seperti Arief Muhammad dan Gerry Girianza menghadirkan wajah-wajah sudah dikenal penonton, dan tentu saja ini menarik perhatian basis penggemar mereka yang besar. Smartfren dan Heinz ABC menggunakan talent-nya dengan baik untuk membuat konten berdurasi panjang dalam format serial menarik, yang akan membuat penonton terus kembali.

2.Tarik perhatian keluarga.

Pantene, MyBaby, dan imoo, tahu betul cara menarik hati penontonnya dengan berfokus pada kaum ibu dan kalangan keluarga. Ketiga brand ini mengerti apa yang dinginkan oleh audiensnya, dan hal apa yang bisa membuat mereka tersenyum... atau bahkan menangis.

3. Buat cerita lucu.

Gojek dan Hansaplast menggunakan pendekatan berbeda melalui humor. Gojek secara perlahan memunculkan karakter dari masing-masing pemeran iklan, dan menampilkannya secara kontras dengan cara yang cerdas. Hansaplast memadukan karakter yang super lucu dengan musik dangdut dan lirik berima, untuk menciptakan lagu yang mudah diingat penonton dan membuat mereka tertarik untuk menonton episode berikutnya.

“Kami selalu terinspirasi dengan ide-ide kreatif yang ditampilkan dalam daftar 10 iklan ini yang kami rilis setiap enam bulan sekali,” ujar Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing Google Indonesia. “Kami juga sangat antusias melihat momentum yang muncul dari kalangan pengguna dan dari pertumbuhan jumlah kreator.” Ia kemudian menambahkan, “Pada tahun 2019, jumlah kreator yang memiliki lebih dari satu juta subscriber naik menjadi 340 channel.”

foto 2

Hansaplast termasuk ke dalam deretan 10 Iklan YouTube Terpopuler selama semester pertama 2019 berkat pemanfaatan unsur humoris dan figur pemeran utama yang kuat. "Hansaplast membuat video Hansaplast Koyo Ayu GaLoyo dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa sedia Hansaplast Koyo saat mudik dan berbagi informasi seputar manfaat dari Hansaplast Koyo. Konten sengaja kami kemas dengan penyampaian yang jenaka dan menghibur agar mudah diingat oleh masyarakat umum,” jelas Tessa Indira Putri, Brand Executive Hansaplast.

screenshot 20190821 224807 drive

Komentar