ndr 2567

Suguhan karya sineas Prancis untuk Indonesia

 

Setelah vakum selama empat tahun, Institut Prancis Indonesia (IFI) kembali menyelenggarakan Festival Sinema Prancis 2019 pada tanggal 6 – 10 November mendatang di CGV Grand Indonesia, Jakarta. Acara ini sekaligus menyambut rangkaian perayaan 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Prancis yang akan berlangsung tahun 2020.

Festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1996 ini, merupakan festival film asing pertama di Indonesia yang memberi peluang bagi masyarakat Indonesia untuk menemukan keragaman dan kualitas produksi film dari para sineas Prancis. Melihat kini perkembangan film di Indonesia semakin mengalami kemajuan pesat dan menjadi industri yang menjanjikan di masa depan.

Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia sekaligus Direktur IFI, Stephane Dovert mengatakan, “Festival Sinema Prancis akan mendorong pertemuan dan pertukaran antara para profesional kedua negara melalui lokakarya, produksi bersama, promosi Prancis dan Indonesia sebagai destinasi pembuatan dan pemasaran film,”

Pada Festival Sinema Prancis, nantinya akan menayangkan 12 film Prancis yang sudah dipilih dan akan diputar di 25 tempat di 15 kota Indonesia, yaitu Ambon, Bali, Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Malang, Makassar, Medan, Purwokerto, Pontianak, Semarang, Surakarta, Surabaya, Salatiga, dan Yogyakarta.

Selain itu, festival ini akan berkolaborasi dengan Festival Film Indonesia (FFI) dan akan menggelar masterclass “Indonesia-France Co-Production” dengan narasumber para insan perfilman Prancis, yaitu Arnaud Dommerc, Sarah Bariset, dan Jean Marie Gignon. Masterclass ini diadakan di hari ketiga, yaitu 8 November 2019 di Aula Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Untuk kalian yang mau nonton film-film Prancis ini, Festival Sinem Prancis dibuka secara GRATIS untuk semua pemutaran film. Kalian cukup mengambil tiket 1 jam sebelum pemutaran di meja registrasi masing-masing venue. Info lengkap mengenai lokasi dari masing-masing kota serta jadwal pemutaran film bisa dilihat di www.ifi-id.com/festival-sinema-prancis.

So, jangan sampai ketinggalan dan rasakan sensasi mengenal budaya serta keragaman karya perfilman Prancis!

Komentar