img 1732

Raising Accountability, Integrity, Sportivity, as an Ethical Accountant bersama Prasetiya Mulya.

Profesi Akuntan menjadi salah satu hal penting dalam menyambut berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean 2015 (MEA 2015). Data ASEAN Federations Accountants (AFA) menyatakan bahwa Indonesia berada di urutan kelima terkait jumlah Akuntan profesional Indonesia yang tergabung dalam asosiasi tersebut. Sedangkan pelaksanaan MEA 2015 sendiri tinggal hitungan bulan saja.

Guna menumbuhkembangkan minat generasi muda Indonesia untuk menjadi Akuntan profesional, S1 Accounting Prasetiya Mulya mengadakan Accounting Prasetiya Mulya Challenge (APMAC) 2015. APMAC 2015 merupakan kompetisi Akuntansi tingkat regional bagi siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat. Kompetisi ini akan menguji kemampuan dan pengetahuan peserta akan dunia Akuntansi.

Athalia Aryanti Hidayat, Pengajar S1 Accounting Prasetiya Mulya mengatakan bahwa Akuntansi di tingkat SMA masih dipandang dari segi teknis. Menurutnya, Akuntansi sangatlah luas dan dapat dipandang sebagai bekal untuk menciptakan seorang pemimpin masa depan.

“Oleh karena itu, perlu adanya lomba-lomba yang semakin menumbuhkan minat anak SMA dan generasi muda terhadap bidang Akuntansi,” ujarnya.

Kompetisi sendiri diselenggarakan dalam tiga tahap, yakni babak penyisihan berupa tes tertulis, babak semifinal berupa cepat tepat dan babak final berupa studi kasus dan presentasi. Pada penyelenggaran tahun kedua ini, APMAC diikuti oleh 62 tim dari 31 SMA negeri dan swasta serta SMK jurusan Akuntansi dari berbagai kota di Jawa dan Sumatera. Sedangkan di tahun sebelumnya, kompetisi ini hanya diikuti oleh 30 tim.

img 1725

img 1726

Dari 62 tim, terpilihlah delapan tim terbaik yang masuk ke babak semifinal. Selanjutnya delapan tim ini berlomba untuk cepet-cepetan ngejawab pertanyaan seputar Akuntansi. Dari delapan tim, loloslah empat tim terbaik yang maju ke babak final, yakni tim dari SMA Kolese Kanisius, SMA Kristen Yusuf, SMA Regina Pacis Bogor dan SMKN 20 Jakarta.

img 1737

Empat tim ini akan melakukan presentasi di hadapan juri yang terdiri dari perwakilan pengajar dari Prasetiya Mulya. Empat tim ini berhak mendapatkan total hadiah sebesar Rp 30.000.000,-. Dan delapan tim terbaik diberi kesempatan untuk melakukan company visit ke PT Asahimas Flat Glass Tbk.

img 1729

Lewat acara ini, Athalia berharap APMAC bisa menjadi sarana yang dapat membantu anak SMA dan generasi muda untuk mendapatkan pengalaman serta wawasan yang luas terkait Akuntansi. Selamat buat kamu para tim terbaik dalam APMAC 2015.

Komentar

Login to P!