eflyer opening jakarta biennale 2015

Jangan kelewatan dan dilewatkan, Jakarta Biennale 2015.

Jakarta Biennale merupakan acara besar seni rupa kontemporer dua tahunan yang udah ada sejak 1974 sampe sekarang. Di tahun ke-16nya, Jakarta Biennale kembali diselenggarakan dengan tema “Maju Kena, Mundur Kena: Bertindak Sekarang”. Tema ini diangkat dari tinjauan masa kini tanpa terjebak nostalgia masa lalu dan utopia masa depan.

Dalam perhelatannya kali ini, Jakarta Biennale melibatkan 70 seniman, baik kelompok maupun individu, terdiri atas 42 seniman dari Indonesia dan 28 seniman manca negara. Untuk pertama kalinya, Jakarta Biennale kerjasama dengan kurator manca negara Charles Esche dari Skotlandia. Charles juga berkolaborasi dengan tujuh seniman muda yang berasal dari empat kota, Jakarta, Makassar, Banda Aceh, dan Surabaya.

Karya-karya fokus pada permasalahan ekonomi, sosial, lingkungan dan dinamika masyarakat. Ada tiga tema yang diangkat, yakni penggunaan dan penyalahgunaan air, sejarah, dan gender. Dan melalui karya para seniman ini, Jakarta Biennale ingin menyoroti pencapain-pencapaian warga kota di tengah dinamika hidup yang rumit.

Selain pameran, Jakarta Biennale kolaborasi dengan berbagai komunitas membuat proyek seni rupa dan proyek mural di beberapa wilayah, seperti Marunda, Condet, Penjaringan, Penjagalan, dan Petamburan Jakarta. Nggak cuma itu, ada juga di Jatiwangi, Jawa Barat dan area pinggir sungai kali Surabaya, Jawa Timur.

Jakarta Biennale 2015 juga bakal diramein dengan beberbagai rangkaian program publik dan program pendukung seperti akademi, lokakarya, edukasi public, symposium, tur biennale, bazar seni dan banyak lagi lainnya. Semuanya gratis!

Ada tiga hal yang membedakan Jakarta Biennale kali ini dengan sebelumnya, ada tiga program yang melibatkan publik untuk lebih dekat dengan seni rupa itu sendiri. Ada program Seni Rupa Kita yang merupakan edukasi Seni Rupa kepada anak muda. Lewat program ini akan nerbitin buku berjudul Seni Rupa Kita pada Desember 2015 nanti. Buku ini akan disebar ke sekolah-sekolah dan gratis diunduh nantinya. Selain itu juga ada Duta Seni yang terdiri dari 17 pelajar dari 9 sekolah. Para Duta Seni ini jadi penyebar pengetahuan seni rupa ke temen-temen sebayanya dalam berbagai cara dan kegiatan.

Selanjutnya ada program Curators Lab yang merupakan program pembelajaran dan kolaborasi antara kurator muda dan yang berpengalaman. Dan ada juga program Simposium dan Akademi Maju Kena Mundur Kena (MKMK) yang akan diselenggarakan pada 16 – 30 November 2015.

Udah kebayang belom seru dan asiknya Jakarta Biennale 2015 ini? Yang perlu lo lakuin sekarang catet nih tanggal-tanggal pentingnya.

Jakarta Biennale akan dibuka tanggan 14 November 2015, pukul 16.00 WIB. Selanjutnya Pameran akan berlangsung dari 15 November 2015 sampai 17 Januari 2015. Penyelenggaraan pameran utama diadakan di Gudang Sarinah, Jalan Pancoran Timur II No. 4, Jakarta Selatan.

Inget-inget ya, P! Jangan sampe kelewatan dan dilewatkan juga! Sikat!

Komentar