Sinema adalah salah satu cara termudah memahami sesuatu, seperti halnya lo semua yang paham teori konspirasi gara-gara film Hollywood, maka lo bisa juga mengenal Prancis, negara tempat lahirnya seni ketujuh atau yang dikenal secara umum sebagai sinema.

Sejak tahun 1996 (jaman agent provocateur masih pada main layangan) dulu, Festival Sinema Prancis sudah rutin digelar di Indonesia. Dan karena itu jugalah kita-kita bisa nonton film lain selain film dar-der-dor ala Hollywood dan film pocong-kuntilanak-berdarah-perawan-sexy-atau-apalah-itu-namanya ala negara kita tercintah. Sebagai negara tempat lahirnya sinema, tentu para sineas Prancis punya gaya tersendiri yang bisa jadi referensi bagus buat elo yang pengen atau tertarik terhadap dunia ajaib sinematografi. Seperti kata pepatah “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” maka haruslah kita bilang “tuntutlah ilmu sinematografi sampai ke negeri Prancis”.

Tahun ini film-film yang diputar antara lain :

Intouchables (The Intouchables) – Olivier Nakache, Eric Toledano (2011)

Comme un chef (The chef) – Daniel Cohen (2012)

Les Lyonnais (A gang story) – Olivier Marchal (2011)

Asterix et Obelix : au service de sa Majesté (Asterix and Obelix : God save Britannia) – Laurent Tirard (2012)

Film-film tersebut akan diputar mulai tanggal 19 sampai 20 Januari 2013 di Cinema 21 Trans Studio Mall Bandung, tiketnya 20 ribu rupiah saja, murah yes.

Yang spesial dari Festival Sinema Prancis tahun ini adalah adanya kompetisi film pendek yang bisa diikuti oleh siapapun, dalam rangka mencari bakat baru di bidang sinematografi. Kompetisinya sendiri udah selesai, dan 10 film yang terpilih akan diputar dalam acara di Kineruku, Jl. Hegarmanah no.52 tanggal 18 Januari 2013, gratis seperti jatuh cinta pada pandangan pertama.

Kalo semua itu belum cukup juga buat lo, maka acara pemutaran film-film retrospektif dari Olivier Assayas sang sutradara kojo dari Prancis yang sudah menggarap film-film keren semacam Paris Je t’aime, Summer Hours, Clean, dll wajib lo kunjungi. Bertempat di Museum Konferensi Asia Afrika Jl. Asia Afrika 65, bioskop gratis ini dijamin bisangasih lo wawasan baru tentang dunia film.

Makanya, kalo selama ini lo memimpikan bisa ciumandidepanmenaraEiffel, atau jalan berduaan menyusuri sungai Seine macam film-film romantis yang udah lo tonton, sebaiknya lo pantengin film-film di Festival SinemaPrancis 2012 ini walaupun di Bandung kebagiannya 2013 hehe. Sampai jumpa di sana, jangan lupa bawa popcorn dan matikan hapemu.

Komentar