img 8861

Mengenal dunia bisnis dan ekonomi sejak dini

 

Dunia bisnis nggak lepas dari kondisi perekonomian dalam dan luar negeri. Dibutuhkan keahlian dalam mengelola usaha dan bisnis dalam lingkup makro, dibutuhkan juga pengetahuan mengenai kondisi-kondisi nasional dan global secara menyeluruh yang dapat mempengaruhi jalannya suatu bisnis. Dengan kondisi ekonomi global yang tidak menentu akhir-akhir ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis di Indonesia.

Melihat kondisi ini, Universitas Prasetiya Mulya berusaha menjawabnya melalui satu program studi baru yaitu S1 Business Economics. Guna memperkenalkan progam studi ini, pada 26-27 Agustus 2016, Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan BEST Challenge, yaitu kompetisi bisnis ekonomi yang diikuti oleh siswa/i SMA Sederajat.

img 8955

BEST Challenge diadakan untuk memberikan pengetahuan baru bagi siswa/i SMA mengenai kondisi perekonomian secara global, khususnya sharing economy dan market expansion. Sharing economy dan market expansion menjadi tema besar yang didiskusikan oleh para peserta.

Kegiatan yang diadakan di Kampus BSD ini meloloskan 18 tim di babak penyisihan. Sebelumnya tiap tim harus menuliskan essay atau membuat video mengenai beberapa topik bisnis ekonomi global. Peserta akan mengikuti rangkaian acara yaitu seminar, workshop, case study yang merupakan real project langsung dari PT. GoJek Indonesia serta kompetisi debat.

img 9141

BEST Challenge juga didukung oleh praktisi bidang bisnis dan ekonomi seperti Harris Turino (Ketua IKAPRAMA dan penulis buku Ekonomi Berbagi), Gilang Gibranthama (Product Head of Go-Massage, PT. GoJek Indonesia), Vicario Reinaldo (People and Organizational Development Analyst, Traveloka), Giovanni Krisnawan (Equity Research Analyst, PT. Pratama Capital Assets Management), Roderick Sibarani, Anggi Novianti (PLT Kepala Bidang Ekonomi Internasional, Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, BKF Kementrian Keuangan), Irdhas Fabian (Senior Manger Business Banking Area Jakarta Kota, Bank Mandiri) dan Prof. Dr. Djisman Simandjuntak (Rektor Universitas Prasetiya Mulya).

img 9420

Sebagai penutup BEST Challenge diadakan Gala Dinner yang dihadiri oleh para peserta dan didampingi oleh orang tua beserta guru sekolah. Di malam ini diumumkan tim Crushers (Jennifer Veronica, Mika Amadeo Septiawan, Alexander Kusuma Wijaya) dari Springfield School – Jakarta Barat sebagai The Winner of BEST Challenge 2016, kemudian tim SMAN 2 Tangsel dari SMAN 2 Kota Tangerang Selatan (Kathy Salsabila, Dara Swandana, Christoffer Hosea Situmorang) sebagai 1st Runner Up, dan Klemens dari Santa Laurensia High School Serpong sebagai Most Valuable Participant. Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa siswi SMA memperoleh pengalaman dan tentunya pengetahuan baru yang lebih baik lagi mengenai dunia bisnis dan ekonomi baik secara lokal, nasional maupun global.

img 9429

Komentar

Login to P!