poster fix 28129

Membendung dampak negatif gadget.

Tim Traditional Games Returns yang tergabung dari Mahasiswa London School of Public Relations Jakarta, Forum Anak JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan dan Bekasi) dan Failitator Forum Anak Jakarta, akan menggelar sebuah kampanye untuk mendukung pelestarian permainan tradisional nih, bertajuk “Traditional Games Return” atau TGR pada 8 Januari 2017 mendatang.

Acara ini akan berlangsung di 70 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang ada di Jakarta.  Menurut Citra Demi Karina, fasilitator Forum Anak yang juga tim kampanye TGR, ide kampanye berawal dari keprihatinan terhadap anak-anak Indonesia yang hampir tidak mengenali lagi permainan tradisional seperti, congklak, petak umpet, atau ular tangga.

“Anak-anak saat ini lebih memilih bermain gadget dan menonton video di youtube. Kondisi ini dipengaruhi kemajuan teknologi, yang menjadikan anak-anak mudah mengakses beragam aplikasi di gadget. Tapi di sisi lain, berdampak negatif yang menjadikan anak-anak cenderung individualistis karena mereka lebih senang memainkan permainan di gadget sendirian,” ujar Citra.

Pendapat Citra didukung oleh fakta banyaknya orang tua mengeluh karena anak-anaknya kecanduan permainan-permainan modern. Menurut survey yang dilakukan salah satu media online di Indonesia, sebanyak 70 persen anak-anak di Asia Tenggara lebih suka menghabiskan waktu luang untuk bermain games di perangkat mobile ketimbang bermain permainan tradisional.

Agnes Amelia S. Si, M. Si selaku pembimbing Kampanye TGR menambahkan: “Kampanye kembali ke permainan tradisional ini, tidak hanya mengajak anak kembali bersosialisasi dengan teman sebaya, tetapi juga bertujuan menyehatkan badan, karena membuat anak-anak bergerak dan bergembira bersama melalui olah otot, olah tubuh dan olah otak.”

Selain akan menggelar kampanye secara  offline sehari di 70 RPTRA di Jakarta pada 8 Januari mendatang, kampanye TGR juga bakal dipublikasikan melalui media sosial.

Bulan November 2016 lalu, tim kampanye sudah menggelar kompetisi foto bersama anak-anak melalui link instagram @tgrcampaign. Masyarakat yang mengetahi kompetisi foto ini pun cukup antusias loh, terbukti hingga 31 Desember 2016 sudah terkumpul 200 peserta  dari seluruh Indonesia.

Nah, untuk kalian yang ingin mengikuti kompetisi foto ini, masih ada kesempatan untuk berpartisipasi. Pasalnya pengiriman foto batas akhir akan ditutup pada tanggal 7 Januari 2017. Pemenang dari kompetisi foto ini akan diumumkan pada 8 Januari 2017 di RPTRA Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

Puncak acara kampanye akan dipusatkan di RPTRA Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur. Rangkaian acara yang sudah disiapkan di 70 RPTRA itu antara lain adalah senam pagi bersama, parade anak-anak, dan mengajak anak-anak mengikuti permainan tradisional bersama. Uniknya, seluruh kegiatan tersebut akan disiarkan secara live melalui Facebook. 

Komentar