nike waffle iron cover

Inspirasi aneh di balik sepasang sepatu lari

Menjadi salah satu sepatu yang disukai banyak orang, Nike juga punya sejarah panjang dalam perjalannnya meraih kesuksesan. Nggak cuma jadi sepatu olahraga, sekarang sepatu ini juga udah jadi sepatu lifestyle. Itung aja, berapa banyak yang pake Nike di sekolah.

nike waffle iron 8

Dalam mitologi Yunani, Nike adalah Winged Goddess of Victory atau Dewi Kemenangan yang bersayap. Logo Nike sendiri berasal dari 'sayap' sang Dewi dan nama 'swoosh', melambangkan kecepatan, gerakan, kekuatan dan motivasi.

nike waffle iron 3

Tau nggak sih, kalo pada sepasang sepatu lari Nike terinspirasi dari wafel? Salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman sedang sarapan bersama istrinya pada suatu pagi di tahun 1971 ketika ia sadar bahwa lekukan pada wafel maker atau alat pembuat wafel yang ia gunakan akan menjadi cetakan yang sempurna buat sepatu lari.

nike waffle iron 9

nike waffle iron 5

Menurut The Oregonian, saat itu Bowerman merupakan pelatih track and field. Ia mencari cara untuk membuat sepatu lari lebih ringan dan lebih cepat karena lapangan Hayward di Oregon, tempat dia bekerja, sedang beralih ke permukaan lapangan buatan dan Bill menginginkan sol tanpa paku yang bisa mencengkeram rumput atau bark dust dengan baik. "Ia berbicara dengan istrinya tentang teka-teki ini saat sarapan, ketika ide wafel maker akhirnya ia jalankan."

nike waffle iron 1

"Saya memilih beberapa perhiasan dan benda-benda yang memiliki bentuk bintang di atasnya, atau hal-hal yang kami pikir akan membuat indentasi atau membuat pola pada sol," kata istri Bowerman, Barbara, kepada sejarawan Nike, Scott Reames dalam sebuah wawancara yang ia lakukan untuk Nike pada tahun 2006. Kami membuat wafel pagi itu dan membicarakan lintasan lari. Ketika salah satu wafel keluar, dia berkata, 'Kamu tahu? (sambil membalikkan wafel) Saat pola wafel bersentuhan dengan trek, saya pikir hal ini mungkin berhasil'."

nike waffle iron 2

"Jadi ia bangkit dari meja dan pergi ke labnya dan mengambil dua kaleng cairan untuk membuat urethane, dan menuangkannya ke dalam waffle maker." Dan cetakan karet ini menginspirasi sepatu pertama Nike, Waffle Trainer, yang memulai debutnya pada tahun 1974. Kira-kira bentuknya seperti ini nih.

nike waffle iron 4

Empat dekade kemudian, Nike adalah global sneaker powerhouse dengan penjualan tahunan 28 miliar USD. Dan hari ini Nike masih membuat Waffle Trainer.

nike waffle iron 6

nike waffle iron 7

Photo by Reddit, Nike News, Business Insider, Medium, myrecipes.com, Pinterest, Popular Mechanics, german.fansshare.com

Komentar