songket web

Si mewah nan kaya motif dari Minangkabau!

Jangan ngaku anak fashion kalo lo belum kenal kain-kain tradisional punya negara lo sendiri. 

Yap! Indonesia emang punya banyak banget keragaman budaya, salah satunya yang bisa diliat dalam keragaman motif dan kain-kain tradisionalnya. Salah satu jenis kain tradisional asli Indonesia yang udah banyak diketahui dan dipakai adalah kain songket.

Kain songket tergolong sebgai jenis kain tenun. Kain ini merupakan kain tradisional Minangkabau. Biasanya, kain ini bisa dengan mudah lo kenali karena terbuat dari benang emas dan perak. Benang logam metalik yang ditenun secara rapi ini bisa bikin kain ini kilap-kilap kinclong gitu, guys. Dan asal kalian tau nih, kain ini dibuat dengan tangan lho. Asli, handmade! Makanya, gak heran harganya bisa mahal banget!

(foto: holyimp.wordpress.com) 

Nah mengingat bahannya aja udah pake benang kinclong-kinclong gitu, kain yang satu ini pasti dipakenya ga sembarangan dong. Jaman dulu, kain ini dipakai untuk acara-acara resmi dan digunakan oleh bangsawan atau keluarga kerajaan. Itulah kenapa kain ini disebut sebagai kain yang mewah.

Kata songket sendiri berasal dari istilah sungkit dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, yang berarti "mengait" atau "mencungkil". Hal ini berkaitan dengan metode pembuatannya, yaitu dengan mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun, dan kemudian menyelipkan benang emas. Menurut tradisi nih, kain songket harus dibuat atau ditenun oleh gadis perawan, tapi jaman sekarang laki-laki pun juga udah ikutan bikin kok.

Proses untuk membuat kain songket pun nggak sembarangan. Ada tahap-tahap nya juga ternyata. Total ada delapan peringkat atau tahap sebelum kain songket bisa bener-bener jadi sebagai kain utuh dan bisa dipakai.

Penenun songket biasanya adalah warga desa, makanya nggak heran kalo motif-motif dalam songket biasanya berbentuk tanaman atau hewan. Ada banyaaak banget ratusan motif songket. Biasanya, masing-masing motif mencerminkan ciri khas budaya dari tempat pengrajin songket tersebut. Di Palembang doang nih misalnya, ada motif naga besaung, pucuk rebung, biji pare, bintang berante, bintang kayu apuy, bungo mawar, bungo melati, bungo cino, bungo jepang, bungo intan, bungo pacik, cantik manis, lepus berakam, pulir, nampan perak, tabur limar dan tigo negeri. 

Oh iya, jaman sekarang kain songket ternyata juga semakin bervariasi lho penggunannya. Gak cuma buat pakaian aja, tapi juga dibikin jadi tas, kantong hape, aksen di sepatu, bahkan seragam tim sepak bola! Yes, pada seragam tim sepak bola asal Sumatera, Sriwijaya FC, ini lo bisa menemukan motif songket Berante Berakam.

Nah, ada yang punya ide buat bikin sesuatu yang kece dari songket? Atau ada yang mau nambahin pembahasan soal songket kita ini? Share di comment bawah ya!

 

Komentar