coto_makassar_daeng_kulle.jpg

Enak dan bikin hangaattt~

Musim hujan begini paling mantap kalau makan yang hangat-hangat. Yeee nggakkk yeee nggaak? Buat arek-arek Suroboyo yang merindukan kehangatan tanpa perlu balutan kasih sayang dari pacar (yahahahahha), lo bisa makan yang hangat-hangat dan berkuah. Salah satunya adalah soto nih, kuliner yang satu ini ada banyak banget di Surabaya. Mulai dari Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Betawi, sampai Coto Makassar juga ada. Skuyyy sikat aja langsung di mana tempatnya dan jangan lupa cobain yasshhh!

1. Soto Lamongan Cak Har

Yang pertama adalah Soto Lamongan Cak Har, soto yang satu ini udah terkenal banget di Kota Surabaya. Rasanya emang gurih banget, dan bubuk koya yang buat lo tambahin di soto itu pun terserah lo. Mau lo ambil sampai bersendok-sendok juga gapapa, sepuas lo karena khusus koyanya ambil self service, hehe. Kedai soto yang satu ini ada dua cabang, yang pertama ada di kawasan MERR II dan Jalan Arief Rahman Hakim Surabaya. Kalau makan di sini, lo bakalan dikejutkan dengan rasa kuah yang kental dan gurih! Uhhh, kuahnya mantap abis kalau ditambahin sambal dan perasan jeruk nipis, segar!

sotolamongancakhar.jpg

Photo via TripAdvisor

2. Soto Madura Gubeng Pojok

Soto Madura yang lokasinya ada di Jalan Raya Gubeng No. 50 ini nggak pernah sepi pengunjung. Siap-siap antri deh kalau ke sini karena emang sotonya enak banget! Namanya Soto Madura Gubeng Pojok dan mereka punya menu Soto Madura yang enak banget! Ini dikarenakan dagingnya yang empuk dan bumbu rempahnya yang kerasa bahkan sampai udah melewati tenggorokan lo, hehe. Kedai ini sederhana, kayak warung gitu tapi kalau soal rasa wadeehhh jangan diragukan!

soto_madura_gubeng_pojok1.jpg

Photo via jajanankuliner.net

3. Sodus - Soto Kudus Kedai Taman

Kalau lo salah satu pecinta Soto Kudus, nggak usah jauh-jauh ke sana. Cukup ke Sodus alias Soto Kudus Kedai Taman aja! Lokasinya ada di Taman Gayungsari Timur No. 7 Surabaya, dekat dengan Masjid Agung Surabaya. Ciri khas dari Soto Kudus adalah kuahnya yang bening dan segar, beda sama soto Lamongan yang cenderung kuning dan kaya banget kaldu ayam. Isi dari Soto Kudus ini ada suwiran ayam, taoge, dan daun bawang. Semangkok di sini cuma 10 ribu dan udah dapet nasi/lontong. 

sodus_-_soto_kudus_kedai_taman.jpg

Photo via sotokudus.net

4. Coto Makassar Daeng Kulle

Pengen yang rempahnya kuat banget? Melipir aja ke Coto Makassar Daeng Kulle yang enak baattt! Lokasinya ada di Jalan Ahmad Jais Surabaya. Kalau dateng ke sini siap-siap antri juga ya, karena tempatnya memang nggak terlalu besar. Jadi kalau udah antri, kudu nunggu di depan buat gantian makan, hehe. Tapi jangan syedihh, setelah lo nunggu lama lo bakalan puas dengan rasa kuah coto di sini. Karena kuah Coto Makassar Daeng Kulle nggak terlalu banyak minyak namun kaya rempah. Selain itu dagingnya bisa pilih, lo mau daging jeroan atau daging sapi aja. Jangan lupa lengkapi menu lo dengan buras atau lontong dan minumnya Es Pisang Pallu Butung. 

coto_makassar_daeng_kulle.jpg

Photo via Foody.id

5. Kafe Betawi

Bagi temen-temen Jakarta yang lagi homesick karena merantau di Kota Surabaya, dan ternyata kaleaan semua rindu sama Soto Betawi nih. Jangan syedihhh, lo makan aja di Kafe Betawi yang menyediakan menu Soto Betawi. Rasanya nggak jauh berbeda sama Soto Betawi yang banyak dijual di Jakarta, gurih dan segar! Untuk isian lauknya ada macam-macam, lo bisa pilih nih ada daging, babat, paru, dan kikil. Kalau lo pengen, bisa mampir ke tempat mereka yang ada di dalam mall Tunjungan Plaza Surabaya. 

kafe_betawi.jpg

Photo via OpenSnap

Photo header via Foody.id

Komentar