Sate MalioboroSebuah keharusan nih buat lo yang mau liburan ke Jogja pas liburan semester ini.

Siapa yang nggak pernah jalan-jalan ke Malioboro? Pasti udah pada pernah ke sana kan? Kali ini gue bakal ngajak lo bergeser sedikit. Masih di daerah Malioboro, lo bisa jalan agak sedikit ke ujung. Lebih tepatnya lo bisa jalan sampe ke depan Pasar Beringharjo yang terkenal sama Es Dawet yang ada di dalem pasarnya. Di depan Pasar Beringharjo ini ada banyak tukang sate yang jualan. Di sini lo bakal nemuin banyak orang yang rela duduk lesehan di pinggir jalan demi makan satu porsi sate khas depan Pasar Beringharjo. Lo penasaran nggak sih, alasan-alasan kenapa orang selalu ampir buat makan sate di depan Pasar Beringharjo? Kalo lo penasaran mending lo baca artikel ini sampe bawah biar rasa penasaran lo hilang.

1. Lo bakal ngerasain gimana rasanya sebuah sate khas depan Pasar Beringharjo yang otentik

Sate MalioboroVia Flickr

Sate yang ada di depan Pasar Beringharjo ini emang otentik banget. Kebanyakan yang jual itu udah lumayan tua. Bahkan kalo lo  mau nyari, di depan Pasar Beringharjo itu ada pedagang sate yang udah dagang dari tahun 50-an. Lo bisa bayangin nggak betapa otentiknya sate yang ada di depan Pasar Beringharjo itu?

2. Ada campuran cita rasa sate Madura yang jadi ciri khas

SateVia SATU Indonesia

Jadi sate yang ada di depan Pasar Beringharjo ini otentik banget karena kebanyakan dari mereka ini berasal dari Madura. Mereka udah merantau dari Madura ke Jogja dalam waktu yang udah cukup lama. Jadi lo bakal merasakan perpaduan cita rasa sate khas Madura yang unik karena ada cita rasa Jogja yang dikasih sama pedagangnya di sini.

3. Sate-sate yang dijual selalu konsisten sama bumbunya dari waktu ke waktu

SateVia Mi Community

Karena saking otentiknya si sate yang ada di depan Pasar Beringharjo ini, lo bakal merasakan sebuah rasa dan bumbu yang super konsisten yang ditawarin sama pedagangnya. Mungkin ini adalah salah satu faktor yang membuat sate ini otentik karena si pedagang udah berjualan selama puluhan tahun lamanya guys.

4. Bukan cuma makan aja, lo bakal diajak untuk bernostalgia sama si pedagang soal sejarah sate di depan Pasar Beringharjo

malioboro Via BePe

Betul sekaleeee, lo nggak akan cuma makan sate aja di depan Pasar Beringharjo. Kalo lo dapet pedagang yang enak dan super ramah. Lo bakal diajak buat memutar kembali waktu ke masa-masa di mana jalan Malioboro nggak serame sekarang. Malah lo bakal dikasih tau cerita soal perkembangan para pedagang yang ada di Malioboro, seru banget!!

5. Lo bakal nggak mau pulang karena di sana lo bakal merasa nyaman di hanyut di dalam keramaian orang-orang yang ada di sana.

malioboro Via Panduan Wisata

Kalo ini pasti banget bakal dirasain sama semua orang yang rela makan sate yang ada di depan Pasar Beringharjo. Lo dijamin bakalan tenggelam dalam lautan luka dalam. Salah deng, itu lirik lagu. Maksudnya lo bakal merasa nyaman banget buat berlama-lama di situ karena lo bakal ngeliat macem-macem rupa dan warna dari setiap orang yang mondar-mandir di depan lo. 

Aduuuuuhhhh, kalo ngomongin makanan gini kok perut langsung laper ya? Tapi kalo mau makan di jam makan siang tuh nggak mungkin banget. Soalnya para pedagang sate ini bakal buka di sore hari barengan sama para pedagang yang jualan di sepanjang jalan Malioboro. Pokoknya lo harus banget buat nyobain makan di sini kalo lo lagi liburan ke Jogja. Dijamin lo nggak akan pernah nyesel deh!

Komentar