cara menawar Catatan Mini

Percayalah, ini bukan omong kosong!

Selamat datang di akhir tahun! Yess, buat lo yang mau liburan ke Jogja saatnya merapat kemari. P! tahu banget semua kegalauan lo ketika pengen belanja buat sekadar mencari kenang-kenangan, oleh-oleh, atau titipan temen yang super banyak itu di Pasar Klitikan, Malioboro, sampai Pasar Beringharjo. Bingung kan sama hal-hal yang harus lo lakukan demi menjaga kondisi perekonomian di dalam diri lo? Jangan khawatir sama harga barang-barang di Jogja yang konon bakal naik saat akhir tahun! Kuncinya lo harus pinter cari celah sekecil mungkin. Lo harus pinter sepik-sepik pedagang yang ada biar lo bisa dapetin harga murah. Yuk kulik langsung deh tipsnya di sini biar lo nggak 'tersesat' saat belanja di Jogja!

1. Ngomong pake Bahasa Jawa Krama

pedagang di malioboro JOS
via Aneka Wisata

Sebelum dateng ke Jogja, lo mending les Bahasa Jawa dulu deh. Bukan apa-apa, Bahasa Jawa ini ampuh banget buat dipakai sepik-sepik pedagang saat belanja ke tempat-tempat seperti Malioboro dan sejenisnya. Lo juga harus bisa ngomong medok biar bisa dapet diskon gede-gedean. Kalo masih kurang, lo pahami baik-baik deh 6 jenis Bahasa Jawa Krama seperti Krama Lugu, Mudha Krama, Wredha Krama, Krama Inggil, Krama Desa, sampai Basa Kedathon. Ampuh banget deh!

2. Jangan dandan terlalu rapi, kalo bisa se-gembel mungkin

pasar seni bali 1001malam.com
via 1001malam.com

Liburan pastinya nggak bisa lepas dari ajang berkumpul dan memamerkan pencapaian yang udah diraih selama setahun bersama kerabat. Nggak salah sih kalo lo mau pake 10 cincin emas di 10 jari lo atau pake baju yang terbuat dari kulit naga biar kelihatan mewah. Tapi, percuma kalo lo pakai begituan saat belanja di pasar. Yang ada, lo malah bikin pedagang semakin bernafsu menaikkan harga jual setinggi langit melihat sederet kemewahan lo tadi. Mendingan lo pakai tuh sandal jepit, celana pendek bolong dan lusuh, lengkap dengan kaus singlet putih ala Freddie Mercury.

3. Pasang wajah memelas

menawar di malioro Sewa Mobil Jogja
via Sewa Mobil Jogja

Biar penampilan super dekil lo semakin meyakinkan, lo wajib mengatur ekspresi di wajah lo. Atur semaksimal mungkin biar wajah lo yang udah melas itu semakin hancur seperti masa depan yang semakin tak menentu. Kalo perlu ikut kelas akting selama seminggu biar penampilan lo semakin meyakinkan.

4. Ajak temen lo yang asli Jogja

pusat oleh oleh vietnam orig Wisata Indonesia
via Wisata Indonesia

Nih ya, kalo lo merasa nyerah dan nggak sanggup buat sepik-sepik sendiri, ada solusi lain. Yaps, ajak temen lo yang emang asli Jogja buat pergi belanja. Kalo nggak punya temen, ajak saudara. Kalo nggak punya saudara, ajak tetangga. Kalo tetep nggak punya, ajak orang yang lagi lewat di depan lo saat itu juga dan cari tahu seberapa greget dia bisa diajak ngomong bahasa Jawa.

5. Ngaku bahwa lo sebenernya masih sepupu dari istri adik kandung bibinya kerabat si pedagang

7 tips menawar harga saat membeli oleh oleh

via Travel Note

Kalo lo udah nyerah dengan empat cara tadi, kini saatnya lo mencoba trik SKSD alias Sok Kenal Sok Dekat. Mulailah percakapan dengan, "Eeeh mbak ... kamu kan kakaknya si Junaedi to? Saya ini masih sepupu dari istri adik kandung bibinya Junaedi lho. Itu tuh yang masih tetangga sama Supardi. Kemarin kita habis pergi bareng ke rumahnya Budi. Rame banget lho mbak. Oya mbak ini kainnya dua belas lusin berapa ya?"

6. Berjanji untuk datang lagi sambil bawa rombongan satu kompleks

pasar beringharjo via Sewa Mobil Jogja
via Sewa Mobil Jogja

Janji adalah hal yang paling gampang buat diucapkan, tapi terlalu rumit untuk dilakukan. Setidaknya, janji bisa memudahkan lo buat bernegosiasi sama pedagang. Langsung aja deh bilang gini, "Mbak ini bajunya saya beli 30 ribu dapet sepuluh ya, janji deh, besok-besok aku bakal ngajak temenku rame-rame satu kompleks buat dateng ke sini kalo pengen belanja baju kalo inget. Janji deh mbak aku bakal setia sehidup semati kalo belanja cuma di tokomu. Janji deh, ya ya ya ya ya????"

7. Jangan nyimpen duit banyak-banyak di dompet

trik belanja di malioboro3 Semberani Rent
via Semberani Rent

Semua demi kelancaran penyamaran lo sebagai seorang agen rahasia yang ingin dapet barang belanjaan serba murah. Kalo dompet lo kelihatan tebel, yang ada pedagang bakal mencium aroma kemewahan yang ada di kantong celana dan baju lo. Inget guys, penyamaran harus totalitas tanpa batas!

Demikian tips-tips paling ampuh biar lo bisa berhemat saat berbelanja di Jogja. Kalo berhasil, jangan ragu-ragu buat bagikan cara ampuh berbelanja ini ke anak cucu lo. Semoga beruntung yah!

photo header via Catatan Mini

Komentar