thumb pantai ambon

Menikmati keindahan pantai dan bawah laut Maluku.

Sebutan “Ambon Manise” ternyata nggak hanya sekedar istilah aja jika merujuk pada pantai-pantainya. Daerah kepulauan di Indonesia timur ini ternyata memiliki pantai-pantai yang sangat cantik, bersih dan masih asri. Lautnya pun sangat jernih dengan berbagai terumbu karang, serta aneka ragam satwa air yang hidup di dalamnya.

Kalo mau snorkeling atau diving pun nggak perlu diragukan lagi, di sini lah tempatnya. So, berikut ini daftar pantai-pantai di Maluku yang bisa bikin liburanmu dijamin bakal seru.

Pantai Santai

Pantai satu ini berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Ambon. Jika ditempuh dengan kendaraan kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit. Pantai Santai memang menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai. Pasir putih di garis pantai yang landai, semilir angin laut yang melenakan, dan deburan ombak yang tenang di laut yang jernih. Di sini nggak hanya untuk bersantai, tapi juga bisa untuk menyelam atau sekedar snorkeling.  Karena Pantai Santai nggak cuma memiliki keindahan pasir putihnya, tapi juga kecantikan bawah laut yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Liang

Terletak di Desa Liang, Maluku Tengah dan jarak pantai dari kota Ambon sekitar 40 km, Pantai Liang memiliki kriteria sempurna untuk menjadi destinasi pantai terfavorit. Soalnya nih, di Pantai Liang kalian bisa merasakan ombak yang tenang, dengan hamparan pasir putih yang berkilau dan air laut yang jernih. Saking menariknya, pantai ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1991.

Pantai Pintu Kota

Daya tarik pantai satu ini selain keindahan adalah adanya tebing di bibir pantai. Terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Pantai Pintu Kota memiliki sebuah tebing yang menjorok ke laut. Uniknya lagi, tebing ini memiliki lubang di tengahnya sehingga terlihat seperti sebuah gerbang.

Untuk pantainya sendiri nggak terlalu luas, Pantai Pintu Kota memiliki pasir berwarna putih kecoklatan dengan batu karang dan bebatuan. Di kawasan perairannya juga terdapat beberapa spot snorkeling dan diving. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa pondokan yang asik buat beristirahat. Bentuk karang yang unik di Pantai Pintu Kota ini membuatnya ramai dijadikan sebagai lokasi pemotretan.

Pantai Pasir Panjang

Kurang lebih 20 km dari Tual, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara untuk sampai ke Pantai Pasir Panjang yang terletak di Desa Ngilngof, bagian barat Pulau Kei kecil. Sesuai namanya pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yaitu sekitar 5 km. Pantai yang memiliki pasir putih yang sangat lembut ini, jika diambil rasanya seperti menggenggam tepung. Air lautnya yang biru jernih dikelilingi puluhan nyiur kelapa membuat panorama di pantai ini sangat menawan dan bagus untuk di-update di status media sosial kalian.

Tapi inget, untuk memposting spot-spot yang oke kalian juga memastikan quota internet cukup. Untuk itu sebelum ke pantai, beli aja paket internet XL ataupun Telkomsel yang memang dikenal sebagai operator yang memiliki jaringan kuat, sampai ke tengah laut.

Pantai Desa Hukurila

Kurang lebih jaraknya sekitar 15 km arah selatan dari pusatk ota Ambon. Pantai Desa Hukurila ini nggak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya, di perairan sekitaran Pantai Hukurila sering dijadikan tempat favorit para divers untuk snorkeling. Terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan-ikan di Laut Hukurila ini masih asri. Sementara Pantai Desa Hukurila sendiri memiliki pasir yang berwarna hitam dan berbatu karang.Karena berhadapan langsung dengan Laut Banda di timur, Pantai Hukurila juga menjadi spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit.

Itulah tadi pantai-pantai di Maluku yang patut kalian kunjungi. Tapi ingat, kalo ke sana tetap jaga kebersihan pantai dan jangan merusak alam sekitar.

(Foto: Bello)

Komentar