Rasa dan segarnya juwaraaaak!

Pesona es kopi susu di tahun 2019 ini kayaknya belom surut tapi justru malah makin memuncak. Hal ini terbukti dari jumlah kedai kopi yang terus bertambah tiap harinya. Ngomongin soal es kopi susu, biasanya di tiap kota ada kedai andalan yang menyajikan es kopi susu super enak bin segar termasuk di Jogja. P! punya beberapa rekomendasi es kopi susu yang mantap betooool nih. Kalo lo ke Jogja, harus banget nyobain sih.

1. Kopi Susu Bersua (KSB) - Sua Coffee

Yang pertama adalah es kopi susu yang jadi andalan di Sua Coffee. Minuman segar yang dibuat dari double espresso, fresh milk, dan brown sugar ini rasanya selalu bikin kangen. KSB ini nggak terlalu manis tapi juga nggak pahit-pahit amat karena yang pahit cukup kehidupan aja. Hihi. Meski lo nggak suka manis, kopi ini nggak akan bikin lo eneeek. Rasa manisnya masih bisa ditoleransi laaah.

2. Java - Couvee

Sebenernya Couvee punya beberapa pilihan es kopi susu yang rasanya juwaraaaak sih. Kalo P! sih paling seneng sama Java. Es kopi susu ini terbuat dari 2 shots espresso, condesed milk, dan fresh milk. Cocok banget buat lo yang suka sama kopi pahit. Kalo lo mau yang rasanya lebih manis, coba Melacca yang terbuat dari 1,5 shots espresso, fresh milk, plus natural palm sugar. Untuk harganya sekitar Rp 18 ribu - Rp 24 ribu.

3. Es Kopi Susu Klasik - Studio Kopi

Studio Kopi adalah salah satu kedai kopi yang udah lama banget di Jogja. Sebelum es kopi susu ngehits, tempat ini udah ada dan selalu rame. Selain menawarkan makanan dan berbagai jenis kopi yang enak, Studio Kopi juga punya Es Kopi Susu Klasik yang rasanya wueeeenak pool. Layak juga buat dicobain saat lo lagi di Jogja.

4. Kopi Bahasa Indonesia - Kedai Bahasa Kopi

Nggak kalah hits dan enak dari es kopi susu yang sebelumnya, kali ini ada KBI alias Kopi Bahasa Indonesia dari Kedai Bahasa Kopi. Es kopi ini nggak dikemas dalam gelas melainkan di botol plastik. Nggak pakai es batu sama sekali. Soal rasa, kopi ini cocok buat lo yang doyan kopi manis. Kalo lo penyuka kopi pahit, mungkin butuh tambahan es batu biar rasa manisnya nggak terlalu mendominasi di lidah lo.

5. Es Kopi Susu Anoman - Gudang Kopi Indonesia

Yang terakhir adalah es kopi susu Anoman yang dikemas dalam botol yang lumayan besar. Es kopi susu ini lagi jadi incaran banyak orang juga loh. Nggak heran tiap harinya selalu ludes terjual meski harganya agak pricey yakni Rp 40 ribu. Kalo itu kemahalan, lo bisa coba es koi susu lain yang juga jadi andalan di Gudang Kopi yakni Ice Photocoffee.

Header: Instagram/couvee.idn

Komentar