095562200_1546584809-resep-tahu-tek-surabaya.jpg

Tahu Tek-Tek, kaulah segalanya untuk kuuu~

Kalau lo denger tahu tek-tek, yang kebayang di kepala lo apaan nehhh? Makanan tahu dicampur apaan? Nyerah? Bingung? Yehehehe. Sini Provoke! jelasin dulu yes, jadi Tahu Tek-Tek tuh makanan khas Kota Surabaya. Kuliner yang satu ini punya ciri khas unik banget yakni dijual di gerobok dorong terus penjualnya tuh waktu dorong gerobak sambil mukulin wajan penggorengannya. Nah, dari wajan penggorengan itu dehhh bunyi tek-tek berasal! Terus biasanya babang tahu tek-teknya juga sambil teriak "teeekk tahu teekkk, tekk teekk tahu tekkk" dan ini bikin kita langsung auto nengok karena suara ketukan wajan dan teriakan babangnya sama-sama kenceng, hehe. 

Walaupun kelihatannya kayak makanan selingan, tapi percayalah Tahu Tek-Tek ini asli bikin kenyang! Karena di dalamnya terdapat tahu goreng, telur dadar goreng, kentang, lontong, dan tauge yang haujek banget! Setelah itu, semua bahan-bahan dipotong kecil-kecil pakai gunting dan garpu lalu disiram dengan kuah kacang yang udah dicampur petis. Biar makin mantap, biasanya dikasih topping bawang goreng dan kerupuk. Heleeeuhh, syedeep baaatt!

Kalau lo lagi berkunjung ke Kota Surabaya, jangan lupa mampir makan Tahu Tek-Tek! Selain ini merupakan kuliner khas Surabaya, lo juga bisa nyicipin keunikan dari petis yang dicampur di makanan. Nah, Provoke! punya nih rekomendasi Tahu Tek-Tek di Kota Surabaya yang uwenaaak dan porsinya dijamin bikin lo kenyang!

1. Tahu Teck-Teck Pak H. Ali

Selain menu tahu telurnya yang terkenal, warung milik Pak H. Ali ini juga punya menu tahu tek-tek. Kalau lo pengen nyobain tahu tek-tek Pak H. Ali, lo mampir aja ke warungnya di Jalan Raya Dinoyo No. 147 Surabaya. Tahu telur dan tek-tek milik Pak H. Ali ini terkenal legendaris banget karena keberadaannya udah dari lamaaaa bangeeett ngeeet ngeett. Kalau mau makan di sini, nggak usah pusing bawa duit berapa! Lo cukup bawa 20ribuan tuh udah dapet seporsi makanan dan minuman segelas. Mureehh kaannn?

tahu-teck-teck-pak-ali-yang-melegenda-di-surabaya-lucu-namanya-juara-enaknya-1_1.jpg

Photo via makanjalanenak.blogspot.com

 

2. Tahu Tek 120 Cak Kartolo

Kalau yang ini tahu tek-tek legend bangett, udah ada dari tahun 80an dan jualannya pakai gerobak. Owner dari Tahu Tek 120 ini namanya Cak Kartolo alias Bapak Kartolo, orangnya lucu bangeett dan suka bercanda kalau pas lagi ngejualin makananan, hehe. Di gerobaknya Cak Kartolo, doi punya dua menu andalan yakni Tahu Tek Biasa seharga 10 ribu rupiah, dan tahu tek telur seharga 12 ribu rupiah. Mureeeehhhh? BANGEEETT! Selain itu, Cak Kartolo juga ngejual minuman kayak es sinom, dan es cincau yang bisa nemenin hidangan tahu tek lo. Untuk lokasinya, Cak Kartolo selalu menjual di sebuah gerobak yang ada di Jalan Bratang Gede VI E, Wonokromo, Surabaya. 

picture-1523285981_1.jpg

Photo via pergikuliner.com

 

3. Tahu Tek & Tahu Telor Sidho Moro

Tahu tek yang satu ini lokasinya ada di Kutisari Selatan No. 40C, Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Yang menjadikan Tahu Tek Sidho Moro spesial tuh lo bisa pilih menu yang beragam! Ada tahu tek biasa dan jumbo, bisa request nggak pakai lontong, lo juga bisa nambah telor dadar, lho! Yang nggak kalah seru, tahu tek di sini juga ada yang ditambahin kikil, gileeek syedeeepp dah~ Untuk seporsi di sini harganya sekitar 12-19 ribu rupiah aja. 

f208b27819a5e467df051ee2f1b55c2b3ebfdf7d.jpg

Photo via dimanaja.com

 

4. Tahu Tek Pak Rozi

Buat lo yang tinggal di Surabaya Barat, cobain deh Tahu Tek Pak Rozi yang lokasinya ada di dalam Perumahan Gunung Sari Indah, Wiyung, Surabaya. Kalau lo lagi nyari makanan sembari hiburan tipis-tipis, mampir aja ke gerobaknya Pak Rozi dijamin ngakak! Bapak yang satu ini kalau jualan sambil ngebanyol, selain itu kalau ngasih petis untuk bumbu Tahu Tek-nya nggak pelit, banyak dan syedep! Porsinya banyak juga jadi nggak perlu khawatir nggak kenyang. Untuk tahu tek biasanya harganya cuma 8 ribu, kalau tambah telor jadi 12 ribu. Mureehhh~

screen_shot_2019-05-15_at_12.32.19_pm.png

Photo header via 1001resepmasakan.com

Komentar