2019-06-19_03.28.51_2.jpg

Di sini lo bakalan diajarkan untuk membawa tempat sendiri kalau mau belanja~

Penggunaan sampah plastik di sekitar kita emang udah kayak barang pokok. Mau beli makanan, kudu ada plastik atau sterefoamnya. Jajan ke supermarket juga selalu ada plastiknya, padahal cuma beli beberapa bungkus aja tuhh. Rasanya kayak penggunaan plastik itu udah mendarah daging di dalam diri kita ya nggak sih? Padahal nih gengs, penggunaan plastik yang terlalu berlebihan itu nggak baik buat kebersihan dan kesehatan lingkungan sekaligus Bumi kita. 

Karena apaaa? Plastik tuh susah banget mengurai. Mungkin lo bakalan buang sekarang, tapi sampai puluhan tahun lamanya plastik yang lo buang itu nggak bakalan bisa mengurai dengan baik. Yang ada malah numpuk dan bikin Bumi nggak sehat. Terus mau tinggal di mana lo kalau Bumi mulai nggak sehat yee kaann? huhu.

Makanya nih, gaya hidup zero waste saat ini lagi gencar-gencarnya dikenalkan ke masyarakat. Gaya hidup yang satu ini sebenernya simple banget yakni mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunan bahan yang berpotensi mencemari lingkungan. Selain itu, zero waste lifestyle juga mengajarkan kita untuk menolak pemakaian bahan sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Nah, dari gaya hidup zero waste ini nantinya diharapkan masyarakat tidak lagi menghasilkan sampah di dalam kehidupan sehari-hari yang mencemari.

Di Kota Surabaya rupanya zero waste lifestyle udah mulai terdengar bahkan diterapkan. Salah satunya di sebuah toko bernama "Mamaramah Eco Bulk Store" yang ada di Surabaya Selatan. Toko yang awal mulanya diciptakan karena sang founder, Ogi Dhaneswari, ingin berbagi bumbu masak kepada orang lain ini rupanya menjelma menjadi eco bulk store. "Awalnya dari keinginan berbagi bumbu masak dengan orang lain. Ini dikarenakan sejak 2 tahun lalu saya menjadi vegan, beberapa bumbu yang saya gunakan tidak terlalu banyak, jadinya sisa. Kalau sisa banyak,  kemudian kadalursa dan harus dibuang kan sayang banget, akhirnya saya terpikir untuk membuat eco bulk store yang di mana banyak orang bisa mengenal dan mencoba bumbu masak sesuai kebutuhan mereka," ujar Ogi saat diwawancarai Provoke! pada Selasa (18/06). 

2019-06-19_03.28.52_2.jpg

Kalau lo mampir belanja di Mamaramah Eco Bulk Store, lo bakalan menemui berbagai bahan-bahan yang bisa digunakan untuk memasak. Mulai dari bumbu masak, bahan kue, minyak, bahkan beras. Salah satu yang menarik adalah Provoke! adalah beras shirataki asal Jepang! Menurut Ogi, beras shirataki ini cukup unik karena walaupun bentuknya tidak menyerupai beras pada umumnya, tapi beras ini nol kalori, "Proses memasaknya sama seperti menanak nasi pada umumnya, rasanya juga sama. Yang terbaik adalah nasi ini nol kalori," ujar Ogi. Hmmm, bisa nih ya buat lo yang mau diet dan mencoba hidup sehat, hehe. 

2019-06-19_03.28.51_3.jpg

2019-06-19_03.28.49_2.jpg

Selain bumbu masak, Mamaramah Eco Bulk Store juga menjual personal care dan berbagai benda lain yang tentunya mendukung zero waste lifestyle. Mulai dari stainless steel straw, loofah, bamboo straw, menstrual pad, wooden spork, shampoo bar, soap bar, dan tote bag. 

2019-06-19_03.28.50_1.jpg

2019-06-19_03.28.49_1.jpg

Ada lagi nih yang menarik dari Mamaramah Eco Bulk Store, toko ini menerapkan zero waste lifestyle juga untuk sistem belanjanya. Jadi kalau lo mau belanja di sini, diharapkan udah membawa tempat sendiri dari rumah. "Boleh bawa apa aja seperti kotak makan, jar, kotak kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan makanan. Dengan membawa kotak sendiri dari rumah, pembeli jadi tahu prioritas mereka mau membeli apa tanpa harus membeli sesuatu hal yang nggak terlalu dibutuhkan," imbuh Ogi. Selain itu, dengan membawa kotak atau tempat penyimpanan sendiri, lo juga turut mengurangi penggunaan plastik atau kemasan sekali pakai. 

2019-06-19_03.28.13_1.jpg

Tapi jangan syedih nihhh, kalau lo nggak punya tempat penyimpanan sendiri atau lupa bawa, Mamaramah Eco Bulk Store juga menyediakan beberapa tempat yang bisa lo beli dan bawa pulang untuk tempat menyimpan barang belanjaan lo. Tentunya tempat penyimpaan itu nggak sekali pakai, jadi nggak rugi deh bisa lo pakai lagi sampai kapan pun, hehe. 

2019-06-19_03.28.50_2.jpg

2019-06-19_03.28.47_1.jpg

2019-06-19_03.28.52_3.jpg

2019-06-19_03.28.49_3.jpg

Kalau lo tertarik buat belanja di Mamaramah Eco Bulk Store, mampir gih ke tokonya yang berlokasi di Ketintang Selatan IX Blok AD No. 8 Surabaya. Mamaramah buka setiap Senin-Jum'at (09.00- 19.00 WIB), dan Sabtu-Minggu (09.00-15.00 WIB). Untuk info update dari mereka, langsung aja follow Instagram mereka di bawah ini biar nggak ketinggalan info dan kejutan terbaru dari Mamaramah!

Photo by Debby Utomo

Komentar