Ichitan Photo Competition

museum_surabaya1.jpg

Tahun baru mau liburan ke mana? Nggak usah bingung. Buat yang ada di Kota Surabaya atau baru aja berkunjung di Kota Pahlawan, langsung aja kuy ke Museum Surabaya. 

Surabaya merupakan kota metropolis yang penuh dengan sejarah. Yap, terutama dengan ditetapkannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Nah, Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan tentunya mempunyai banyak destinasi wisata sejarah nih, salah satunya adalah Museum Surabaya.

Museum Surabaya merupakan jembatan alternatif wisata sejarah di kota pahlawan Surabaya ini. Selain jembatan wisata sejarah, fungsi dibangunnya museum ini adalah sebagai sarana edukasi. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini telah meresmikan Museum Surabaya tepatnya pada hari Minggu, 3 Mei 2015. Museum ini berada di Jalan Tunjungan, di lantai 1 Gedung Siola Surabaya.

museum_surabaya.JPG

Setelah museum ini diresmikan oleh walikota tercinta, museum ini menjadi serbuan warga Surabaya dari kalangan anak-anak, remaja, orang paruh baya, bahkan yang lanjut usia sekalipun berkunjung datang mengenang sejarah. Antusias masyarakat cukup tinggi terhadap museum setelah dibangunnya Museum Surabaya. Bahkan mereka sempat mengabadikan momen-momen berharga yang mereka lihat di museum ini. Tak jarang juga museum ini menjadi sorotan para fotografer yang sedang hunting foto bersejarah.

museumsurabaya2.jpg

museumsurabaya1.jpg

museumsurabaya3.jpg

Kalau ngobrolin dalamnya Museum Surabaya apa aja sih banyak. Ada Arsip kependudukan negara, baju dinas kebakaran zaman Belanda, baju Cak dan Ning Surabaya, baju KORPRI, dan berbagai baju adat khas Surabaya semua dipamerkan di museum ini. Nah, di museum ini juga dipamerkan foto-foto walikota Surabaya yang pertama menjabat mulai dari tahun 1916, yakni Mr A Meyroos, hingga era Tri Rismaharini. Ada juga mesin cetak koran, lalu alat-alat bedah di rumah sakit dari tahun ke tahun lho. Dari yang zaman Belanda hingga zaman sekarang juga ada. Cukup keren bukan? Daripada kalian bingung mencari tempat yang asik untuk akhir tahun baru, lebih baik ke Museum Surabaya. Selain bisa lihat benda bersejarah, bisa foto-foto di spot tertentu, lo juga bisa mengenang sejarah Surabaya tanpa harus sakit hati (macam mengenang mantan) hehe. Datang gih kesini. Oh iya, masuk ke Museum Surabaya ini tidak dipungut biaya kok alias free. Aseeekk gratis dah, uang lo disimpen aja buat jajan makanan khas Surabaya yang bisa lo lihat listnya di sini nih! Selamat liburan, rek!

Komentar