Scott Kelly

Ini bukan sinopsis film loh!

Nggak usah mimpi atau ngebayangin, udah ada kok orang yang hidup cukup lama di luar angkasa. Dia adalah seorang astronot Amerika Serikat bernama Scott Kelly. Beberapa saat yang lalu dia baru aja pulang setelah merantau ke luar angkasa selama kurang lebih setahun. Setelah kepulangannya itu para ilmuwan mencatat data mengenai apa aja yang terjadi pada Scott setelah setahun nggak ada di Bumi. Ini nih hasilnya.

1. Scott Kelly jadi tambah tinggi.

Scott Kelly

Lo pasti udah tahu kalo orang yang udah dewasa nggak bisa bertambah tinggi lagi. Akan tetapi saat orang ada di luar angkasa, dia bisa tambah tinggi. Tinggi Kelly bertambah 1,5 inchi. Yang pengen tambah tinggi jangan langsung pengen cari tiket ke luar angkasa. Tinggi itu bakal balik lagi ke ukuran normal waktu orang udah kena gravitasi.

2. Badan jadi sakit semua waktu balik ke Bumi.

Ilustrasi

Atmosfer di luar angkasa beda banget sma di Bumi. Nah, saat udah tinggal setahun tentu aja tubuh udah beradaptasi dan terbiasa sama kondisi di luar angkasa. Itulah kenapa waktu balik ke Bumi lagi Kelly ngerasa kesakitan. Dia ngerasa kayak terbakar.

3. Nafsu makan jadi berubah.

Ilustrasi pisang

Setelah setahun di luar angkasa, Kelly juga ngalamin perubahan nafsu makan. Selama setahun dia cuma makan makanan kering yang dibekukan. Waktu balik ke Bumi, makanan pertama yang dia minta adalah pisang. Yang mengejutkan, dia cuma ngabisin setengah dari pisang itu.

4. Polusi bisa dilihat dengan jelas dari luar angkasa.

Ilustrasi

Kelly mengaku kalo dia bisa ngeliat polusi yang terkumpul di Bumi selama setahun di wilayah-wilayah tertentu. Kok kedengarannya asyik yah bisa hidup di luar angkasa gitu.

5. Kelly nggak sepenuhnya sendiri.

Scott Kelly

Seorang angkasawan Rusia, Mikhail Kornienko, bertemu Kelly berkali-kali selama di luar angkasa. Mereka bahkan jadi sahabat. Persahabatan mereka ini bisa jadi bahan penelitian tentang interaksi dan persahabatan yang terjadi di lingkungan ekstrim.

6. Kelly menghabiskan ratusan hari di luar angkasa.

Ilustrasi

Di ekspedisi terakhirnya, Kelly menghabiskan 342 hari di luar angkasa. Sebelumnya dia juga udah pernah ke luar angkasa berkali kali. Kalo ditotal, Kelly udah pernah di luar angkasa selama 522 hari.

7. Nggak pernah mandi selama di luar angkasa.

Ilustrasi

Stasiun Luar Angkasa nggak punya air mengalir. Astronot nggak bisa mandi pakai shower. Dia cuma bisa membersihkan dirinya dengan cara lain tapi bukan mandi kayak di Bumi.

Foto: Lolwot

 

Komentar