jabuticaba

Biasa lo makan nih!

Ternyata nggak cuma pantai aja yang bisa dinilai eksotis, buah juga bisa loh. Eksotis atau enggaknya suatu buah dilihat dari bentuk, ukuran, warna, rasa, dan teksturnya. Yang nggak kalah penting juga adalah jumlahnya. Soalnya dari beberapa buah eksotis ini ada yang udah langka banget. Emangnya apa aja sih buah yang katanya eksotis itu? Simak aja nih.

1. Buah Ajaib

Buah ajaib

Buah kecil berwarna merah ini emang sering dijuluki sebagai miracle fruit atau buah ajaib. Buah ini bisa ngubah semua rasa dari yang hambar sampai pahit jadi manis. Pengen nyobain? Buah ini cuma bisa ditemukan di Afrika Barat.

2. Manggis

Magelang

Foto: Parade

Eh jangan langsung nyanyi yak begitu ngeliat manggis. Buah ini dianggap eksotis karena bentuknya yang unik. Manggis yang keliatan keras banget ternyata isinya lembut dan rasanya enak. Bahkan, dulu Ratu Victoria pernah menawarkan hadiah sebesar 100 pounds buat orang yang bisa membawakan manggis segar untuk dia.

3. Aguaje

aguaje

Foto: newworldreview

Kalo diliat sekilas mirip sama salak, tapi beda. Buah ini biasanya ditemukan di hutan Amazon dan beberapa tempat di Peru. Buah ini kaya akan vitamin A dan C. Kalo difermentasikan, buah ini bisa jadi wine.

4. Nangka

Nangka

Foto: wonderhowto

Buah ini emang bisa ditemuin di Indonesia, tapi aslinya Nangka berasal dari India. Buah pertama kali ditanam di India, 6000 tahun yang lalu. Saat ini Nangka jadi buah nasional Bangladesh.

5. Rambutan

Rambutan

Foto: listovative

Lo pasti sering banget nih makan buah rambutan kalo pas lagi musimnya. Buah yang satu ini bentuknya emang cukup unik. Warna dan rambutnya itulah yang bikin banyak orang terutama para bule jatuh cinta. Rasanya yang manis dan segar juga bikin orang nggak bisa berhenti makan kalo udah ngicip sekali.

6. Jabuticaba

jabuticaba

Foto: greenarea.me

Jabuticaba adalah buah dari Brasil Tenggara yang sekarang udah langka banget. Buah berwarna ungu ini biasanya ditemukan di batang pohon. Buah ini mirip banget sama anggur. Daging buahnya berwarna putih. Rasanya manis dan aromanya harum.

7. Durian

durian

Foto: donghanhhangviet

Yang terakhir adalah buah yang super enak nih. Apalagi kalo bukan durian. Si raja buah ini emang paling banyak ditemuin di Indonesia dan Malaysia. Tahu nggak sih ternyata ada beberapa negara yang justru melarang durian buat dibawa di tempat umum di antaranya Singapura, Thailand, China, dan Jepang. Alasannya karena aromanya yang terlalu kuat. Wah... padahal aromanya kan enak banget.

Komentar