Desa terapung

Mata seneng, hati adem.

Di Indonesia, kita punya pasar terapung di Kalimantan. Di beberapa negara ini ada desa terapung. Iya beneran. Penduduknya beneran bikin rumah dan tinggal di atas air. Walaupun rumahnya sederhana, tapi tetap keliatan cantik banget. Nuasa alami dan tradisionalnya masih berasa banget. Pemandangannya juga bikin mata dan hati jadi adem. Nggak percaya? Lihat aja sendiri nih.

1. Uros, Peru

Uros

Demi apapun, desa ini indah banget. Lo kudu tahu kalo desa mengapung ini dibuat dari totora kering yang disatuin dan dibikin layaknya perahu besar. Di atasnya barulah dibangun gubug yang jadi tempat tinggal. Walaupun kecil, kalo tinggal di tempat kayak gitu pasti menyenangkan deh. Pemandangannya nggak akan ngebosanin kalo diliatin.

2. Stilt di Ganvie, Benin

Stilt

Desa yang unik banget ini ternyata udah ada sejak abad 16. Stlit dibangun di Danau Nokoué oleh orang Tofinu. Dulunya tempat ini jadi tempat berlindung biar nggak dijadiin budak. Oya, kalo lo nggak bisa berenang, tenang aja. Desa ini dibangun di tempat yang dangkal dan airnya tenang.

3. Yawnghwe, Myanmar

Yawnghwe

Yawnghwe ini dibangun di atas danau terbesar kedua di Myanmar. Semua rumah di desa ini bentuknya rumah panggung. Penduduk desa ini juga dikenal sangat ramah sama orang yang datang. Lo bakal ngerasa nyaman deh kalo udah ketemu sama orang-orang di Yanghwe. Pokoknya baik

4. Wuzhen, China

Wuzhen

Desa terapung di China ini masuk ke deretan tempat kuno terkece di dunia. Usianya udah 6000 tahun tapi pemandangannya masih tetap cantik. Yang jadi ciri utama desa ini adalah rumah-rumah yang diikin dari batu bata hitam dan lantai abu-abu. Selain itu, ada juga jembatan batu yang sampai sekarang masih terus dipertahankan. Artsy abis.

5. Santa Cruz del Islote, Colombia

Santa Cruz del Islote

Ini adalah pemukiman terpadat di muka Bumi. Bayangin aja yak, luas wilayah ini cuma 11.913 meter dan orang yang tinggal di sini jumlahnya mencapai 1200. Udah pasti desak-desakan tuh. Emmm...tapi wajar sih banyak yang pengen tinggal di sini soalnya tempatnya emang bagus banget. Di kelilingi laut dan langitnya selalu ngasih pemandangan spektakuler.

 

Komentar