mata uang

Ada yang pakai mutiara.

Tiap-tiap negara di dunia ini punya mata uang yang beda. Bentuknya juga beda-beda pastinya. Kebanyakan sih uang itu bentuknya kertas sama koin. Kalo mau ngeliat bentuk uang yang beda, P! punya beberapa nih. Unik banget pokoknya, jadi pengen ngoleksi deh.

1. Freshwater Pearl Coun

uang

Ini adalah uang koin yang bisa lo temuin di Republik Palau. Di koin ini ada mutiaranya. Katanya sih mutiara itu jadi simbol keberuntungan yang bakal bawa kebahagiaan. Uang ini jumlahnya terbatas dan dibikin buat menyebarkan kepedulian akan kehidupan laut.

2. Koin yang Bisa Ngomong

uang koin

Mongolia pernah bikin uang yang unik banget di tahun 2007. Koin itu bergambar John F. Kennedy. Koin itu punya tombol yang kalo dipencet bakal memperdengarkan pidato dari John F. Kennedy.

3. Mobutu Bills

uang

Ada uang yang dibuat saat Zaire lagi dalam keadaan krisis. Saat itu Presiden Joseph Mobutu baru aja digulingkan pada 1997. Saat itu kondisi negara udah krisis dan kritis, pemerintah nggak punya bahan buat mencetak uang baru. Akhirnya pemerintah memutuskan buat pakai uang kertas 20 ribuan yang udah lama dan ngilangin wajah Mobutu di uang itu.

4. Pop-Up Head Coin

Uang

Koin ini dibikin khusus buat Easter Islands. Desainnya beneran unik banget. Miniatur patung-patung dimasukkan ke lubang kecil di koin dan sewaktu-waktu bisa dimunculkan.

5. Uang Kertas 100 ribu Peso

Mata uang

Central Bank di Filipina mengeluarkan uang kertas yang nilainya 100 ribu pso ini pada tahun 1998. Uang ini dibuat untuk memperingati Philippine Centennial Celebration. Uang kertas ini jadi uang kertas dengan nilai terbesar yang pernah dikeluarkan di dunia.

 

Unik ya!

Komentar