cyber attack

Dijamin aman!!

Kemajuan teknologi  di zaman sekarang emang bikin kehidupan kita jadi super gampang. Apalagi yang namanya internet. Lo tetep harus waspada sama yang namanya cyber attack kayak hacking, virus dll. Lo harus yakin bahwa laptop dan handphone lo bener-bener aman dari serangan tersebut. Jangan sampe udah di pasang anti virus, double password masih tetep kena seranga cyber. Oke mari disimak beberapa tips yang bisa lo pake supaya tetep aman.

1. Jangan asal pake wifi tempat umum

cyber attack 1

Mentang-mentang lo jago nge-hack wifi, nggak taunya malah wifi virus. Wah jangan sampe deh. Liat-liat dulu kalo mau konek wifi jangan asal sembarang konek. Karena efeknya si penyebar wifi tersebut bisa melepas virus atau mengambil data pribadi lo.

2. Ganti lah password secara berkala

cyber attack 2

Alangkah lebih baik kalo lo sering gonta-ganti password hp atau laptop lo. Supaya suatu saat ada orang yang tau mereka nggak bisa masuk ke hp/laptop lo tanpa ketauan. Lagu lo juga udah sering denger tentang quotes burung “ibu lo aja nggak boleh tau password hp lo” kan? Bahkan pacar lo aja nggak boleh tau. *eh maap ya yang jomblo

3. Jangan sembarangan colok flashdisk

cyber attack 3

Nah ini juga penting nih untuk diinget, apalagi buat lo yang masih sekolah/kuliah. Oper-operan FD udah hal sangat sering dilakukan. Entah itu copy film, musik, tugas atau yang lainnya. HMM. Iya penting karena nggak ada yang tau kalo laptop sebelumnya ada virusnya atau nggak, karena virus tersebut bisa nyebar melalui FD tersebut.

4. Berhati-hati saat browsing

cyber attack 4

Sering banget muncul iklan-iklan yang menarik lo bikin kepengen klik nih. Nah bahayanya terkadang domain dari website tersebut malah nyebar virus, apalagi suka main klik-klik sembarangan. Hati-hati geng!

5. Jangan sembarangan download

cyber attack 5

Nah bahayanya adalah ketika lo suka download sesuatu.. baik itu fillm, musik ataupun tugas sering banget file-file yang berisi virus-virus berbahaya buat laptop atau handphone lo. Jadi usahakan lebih teliti dalam mendownload sebuah file.

6. Pasang satpam digital

cyber attack 6

Satpam anti-siber atau anti-virus sangat penting buat laptop lo agar tetep fresh, kenceng dan anti lemot. Itu sangat berguna juga supaya file-file lo tetep aman dan dijauhi dari corrupt data.

7. Jangan main internet

cyber attack 7

Kalo udah gini mah nggak bakalan lo kena virus apalah apalah itu. Percaya deh!

Mau gimana juga internent emang nggak bisa lepas  dari kita para manusia milenial. Ya nggak apa-apa sih, yang penting hati-hati! 

Komentar