holiday header

Yuk, jalan-jalan yuk

Pernah jalan-jalan ke Italia terus berkunjung ke Colosseum? Atau main ke Borobudur di Yogyakarta? Tau nggak kalo tempat-tempat bersejarah kayak Colosseum dan Candi Borobudur ada kembarannya loh. Penasaran?

10. Colosseum / Pula Arena

holiday 10

Colosseum adalah salah satu tempat wisata yang paling dikenal dan populer di dunia, namun sangat sedikit orang yang tahu bahwa saudara kembarnya berada di Kroasia. Amfiteater Romawi kuno di Pula adalah satu-satunya arena dengan 4 menara yang tersisa.

9. Notre-Dame de Paris / Amiens Cathedral

holiday 9

Kalo lo melihat 2 gambar ini, mungkin awalnya mikir ini permainan "temukan 10 perbedaan." Kedua katedral gothik ada di Perancis. Notre-Dame berada di ibu kota, dan Katedral Amiens berada di utara Perancis. Bedanya, Notre-Dame punya Victor Hugo, yang menulis sebuah novel tentang seorang gipsi bernama Esmeralda. Itu sebabnya selalu ada banyak turis di sekitar Notre-Dame. Katedral di Amiens nggak seberuntung itu. Tapi, di sisi lain, lo bisa pergi ke sana setiap saat sepanjang tahun dan menikmati arsitektur gothik tanpa harus susah payah gantian foto sama turis lain.

8. Machu Picchu / Isla del Sol

holiday 8

Machu Picchu adalah kota Inca yang paling populer. Tapi nggak ada yang jual makanan atau minuman disepanjang pendakian. Kunjungan Machu Picchu sangat melelahkan dan mahal buat sebagian turis. Sebagai alternatif, lo bisa pergi ke Bolivia dan mengunjungi kota Inca yang lain: Isla del Sol.

7. Stonehenge / Avebury

holiday 7

Stonehenge mungkin adalah salah satu pemandangan paling overrated. Batu-batu itu nggak bisa disentuh, lo nggak bisa masuk ke dalam, dan nggak ada tempat buat berteduh saat hujan. Dan semua ini membutuhkan banyak uang untuk masuk ke situs tersebut. Padahal 30 kilometer setelah Stonehenge, lo bisa menemukan batu lain dengan sejarah yang sangat mengesankan. Selain itu, Avebury bisa dikunjungi secara gratis.

6. Petra / Lalibela

holiday 6

Petra bisa menjerumuskanmu ke dalam dongeng kuno. Namun infrastruktur yang dikembangkan dan keramaian wisatawan sedikit memanjakan kesan, dan akhirnya nggak ada waktu untuk menikmati keindahannya. Lo bisa mendapatkan lebih banyak kesenangan di Lalibela, Ethiopia. Lo bisa melihat gereja dan katedral yang diukir di batu, yang paling nggak biasa adalah Gereja Santo George yang cantik.

5. Angkor Wat / Borobudur

holiday 5

Angkor Wat emang cantik banget. Apalagi makin populer setelah Angelina Jolie syuting Tomb Rider. Tapi ada candi yang nggak kalah cantik di Indonesia. Yap, apalagi kalo bukan Borobudur. Kalo perekonomian nggak cukup buat ke Thailand, ya ke Yogyakarta aja.

4. Saint Basil’s Cathedral / Church of the Savior on Blood

holiday 4

Kubah Katedral Saint Basil adalah salah satu simbol Rusia yang paling dikenal. Namun, sangat sedikit orang yang tahu bahwa ada gereja lain di Saint Petersburg yang dibangun nggak kalah keren, yaitu Church of the Savior on Blood.

3. Acropolis / Ephesus

holiday 3

Reruntuhan kota tua, sisa-sisa teater kuno, kuil dan lain sebagainya emang Yunani banget. Tapi tau nggak sih tetangganya, Turki juga memiliki sesuatu yang bisa ditunjukan. Ephesus kuno emang nggak sepopuler Acropolis, tapi fakta ini nggak membuatnya kurang signifikan secara historis.

2. The Golden Gate Bridge / 25 de Abril Bridge

holiday 2

Ada banyak jembatan merah di dunia, namun hanya Jembatan Golden Gate yang populer. Ternyata banyak loh "kembaran" Golden Gate, lo nggak perlu menyeberangi lautan untuk melihat keajaiban arsitektur ini. Lo bisa pergi ke Portugal dan melihat jembatan gantung dengan nama lucu "25 de Abril Bridge."

1. Big Ben / Parliament Hill

holiday 1

Ini adalah contoh lain yang menunjukkan bahwa lo nggak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat pemandangan. Orang-orang Kanada memiliki Big Ben mereka sendiri, yang sangat mirip dengan yang ada di London. Bangunan Parliament Hill dalam gaya neo-gothic dengan Peace Tower dan sebuah jam besar mirip banget sama Big Ben.

Yakaaan. Kalo kita bisa eksplor lebih jauh ternyata banyak tempat yang serupa tapi tak sama yang nggak kalah keren dari tempat-tempat yang jauh lebih terkenal. Tapi kalo seneng jalan-jalan, jadilah turis yang bijak ya.

Komentar