Ichitan Photo Competition

torn clothes

Waktu mengubah segalanya.

Perubahan adalah sesuatu yang nggak bisa dielakkan. Dunia ini selalu berubah tiap detiknya. Bahkan, pacar lo aja bisa berubah jadi segalak singa dalam hitungan detik kalo lo ketahuan selingkuh. Kalo nggak percaya, coba aja.

Nah, kali ini P! mau ngomongin perubahan di dunia nih. Dalam kurun waktu kurang lebih 100 tahun, udah ada banyak banget perubahan. Ada hal yang dulu dianggap tabu, sekarang dianggap wajar. Ada juga nih barang-barang yang dulunya dianggap murahan dan bahkan kayak sampah, eh sekarang dianggap berkelas.

1. Lobster

lobster

Via Unbelievable-Facts

Uluh-uluh, orang zaman sekarang mah jarang-jarang makan lobster. Sekalinya makan langsung difoto-foto terus sampai lupa makan. Maklumlah, lobster emang masuk dalam ketegori makanan enak bin mahal. Beda banget sama zaman dulu. Sebelum pertengahan tahun 1800-an, lobster dianggap sebagai makanan rendahan yang cuma cocok dimakan orang miskin. Di masa itu, orang yang makan lobster adalah tahanan, budak, atau orang yang lagi dalam perjalanan dan pengen hemat uang.

2. Jeans

Jeans

Via Unbelievable-Facts

Mungkin lo udah pernah denger atau baca bahwa dulunya celana jeans dibuat buat pekerja tambang. Saat itu para pekerja emang butuh pakaian yang tebal, kuat, tapi harganya terjangkau. Sampai pada tahun 1960-an, celana jeans masih dianggap sebagai seragam pekerja rendahan. Lalu, jeans mulai muncul di film untuk karakter pemberontak. Tahun 1980-an, barulah jeans mulai dipakai sebagai pakaian sehari-hari sampai sekarang.

3. Kentang

potatos

Via potatoesunite.com

Balik lagi ke makananan. Kali ini ada kentang. Saat penjelajah Spanyol memperkenalkan kentang kepada orang Italia dan negara lain di Eropa, kentang dianggap sebagai makanan yang cuma cocok buat hewan. Bahkan, dulunya ada yang mengira kalo kentan sangay berbahaya dan jadi penyebab lepra. Jangankan orang kaya, orang miskin aja takut banget makan kentang. Di Perancis, kentang juga sempat dianggap ilegal. Lalu, ada seorang ahli kesehaan, Antoine Auguste Parmentier, yang menulis soal keuntungan makan kentang. Setelah itu kentang mulai terkenal dan jadi makanan berkelas.

4. Sayap Ayam

buffalo wings

Via AskChefDennis

Dulunya di berbagai negara terutama di Amerika, sayap ayam dianggap sebagai bagian yang paling nggak enak. Saking nggak enaknya, sebagian besar orang memilih buat ngebuang bagian sayap tiap kali masak ayam. Beda banget kan sama zaman sekarang. Permintaan akan sayap ayam malah tinggi. Kreasi masakan dari sayap ayam juga udah makin beragam. Emmmm... jadi pengen makan sayap ayam nih.

5. Pakaian sobek

torn clothes

Via Unbelievable-Facts

Zaman sekarang mah pakaian sobek-sobek malah dicari orang. Dari orang biasa sampai seleb kelas dunia, nyarinya malah celana sobek. Lo sendiri pasti juga punya celana sobek-sobek kan? Ngakuu hayooh. Kalo lo punya, itu tandanya lo anak kekinian sejati. Hihi. Tren fasyen ini kebalikan dari zaman dulu. Sebelum abad ke-21, pakaian sobek dianggap sebagai pakaian yang cocok buat orang miskin yang nggak mampu beli baju bagus. Orang kaya dan kaum bangsawan dilarang keras pakai baju yang sobek.

Komentar