hewanpenghisap.jpg

Kalau ketemu hewan yang satu ini kudu hati-hati, ya.

Kalau di film, pelaku penghisap darah biasa dipanggil drakula. Nah, ternyata kalau di dunia nyata ada tuh beneran makhluk hidup yang sukanya ngisep darah. Jadi lo kudu ati-ati nih karena mereka beneran hidup di sekitar lo. Nih, lo amatin satu-satu ya hewannya apa aja, biar lo bisa lebih waspada.

1. Nyamuk

hewanpenghisap1.jpg

Ini udah banyak di mana-mana! Yang namanya nyamuk bisa hidup di mana aja dan kapan aja, apalagi kalau rumah lo deket sawah uhhh pasti nyamuknya gede-gede. Selain menghisap darah lo, nyamuk juga bikin gatel kalau gigit. Makannya lo kudu jaga kebersihan rumah biar nggak jadi sarang nyamuk.

2. Candiru

candirufish.jpg

via flickr.com

Candiru atau Canero ini masih satu saudara sama ikan lele yang hidupnya di air tawar. Mereka banyak ditemukan di Sungai Amazon. Yang bikin bahaya adalah walaupun ikan ini ukurannya cuma 5 cm, tapi mereka suka menghisap darah! Candiru sering hinggap di bagian pinggiran insang ikan dan menghisap darah sampai ikan tersebut mati. Beuhh, ganas uga. 

3. Lampreys

Hewan yang satu ini pernah muncul di salah satu film berjudul Blood Lake : Attack of The Killer Lampreys. Di film ini, Lampreys si hewan laut yang menyerupai ular rupanya doyan banget menghisap darah hewan lainnya. Dan ternyata itu kenyataan cuyyy! Lampreys emang pada dasarnya lahir sebagai hewan penghisap darah dan bentuknya ngeri. Dengan gigi tajemnya yang melingkar di dalam mulut, siapa coba yang nggak takut kalau dikejar sama hewan yang satu ini? Dan gokilnya lagi, Lamreys ternyata adalah vertebrata tertua di dunia yang telah berevolusi sekitar 200 juta tahun sebelum dinosaurus. Hmm, tua-tua ganas. 

lampreys.jpg

via bbc.co.uk

4. Vampire Finch

Nggak cuma hewan air dan nyamuk aja yang suka ngisep darah, unggas juga ada! Vampire Finch atau yang nama ilmiahnya Geospiza difficilis menjadi burung kecil yang sangat mematikan karena kegemarannya menghisap darah. Tapi tenang aja, lo nggak bakalan nemu burung kecil ini di Indonesia karena mereka hidupnya di Kepulauan Galapagos.

vampire_finch.jpg

via www.simonjpierce.com

5. Vampire Bat

Siapa bilang vampir itu nggak ada? Bohong! Ternyata ada sungguhan, tapi wujudnya hewan sih hehe. Hewan yang satu ini biasa disebut "vampire bat" atau kelelawar vampir. Dari sebutan vampirnya itu lo bisa tahu kan mereka suka apa? iyes markoyes! Mereka suka ngisep darah, nggak cuma hewan tapi juga manusia. Dikutip dari CNET.com, para peneliti dari Universidade Federal de Pernambuco menemukan bukti konsumsi darah manusia pada kelelawar vampir (Diphylla ecaudata) di Catimbau National Park, Timur Laut Brasil.

vampirebat.jpg

via pestwiki.com

Gimana nih, kalian ada yang minat mau pelihara hewan-hewan di atas nggak? Kalau bisa sih jangan yak, soalnya mereka cuma bisa ngisep darah. Kalau bisa ngisep kenangan sama mantan sih oke banget hoho.

Photo header via kids.nationalgeographic.com

Komentar