thumbnail

Sering lo lakuin tapi lo nggak sadar.

Di satu sisi supermarket adalah surga. Di sisi lain supermarket bisa jadi petaka. Kok gitu? Iya karena lo belanja banyak banget. Niatnya cuma mau beli sabun mandi eh akhirnya keluar bawa yang lain-lain dan sabun mandi malah dilupakan. Sering kan lo kayak gitu? Ngaku deh. Pas nyampe rumah baru nyesel gara-gara duit abis.

Biar momen menyebalkan itu nggak terulang lagi, lo harus menyadari kesalahan lo. Yups, kesalahan yang selalu lo lakuin tiap kali belanja terutama belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Kalo lo masih tetep ngeyel dan nggak ngerasa bersalah, P! coba sadarin lo deh.

1. Nggak cek harga

checking prices

Via Guff

Ini nih kesalahan yang sering banget dilakuin orang saat belanja. Apalagi belanjanya buru-buru. Kemungkinan besar buat asal ambil barang tanpa lihat harga tuh gede banget. Lain kali kalo belanja, lo harus tenang dan teliti. Pastikan harganya cocok di kantong.

2. Nggak beli barang tapi beli merek

buying name brand products

Via Guff

Barangnya sama, mereknya beda, harganya bakal beda juga. Biasanya harga barang yang mereknya lebih terkenal dan sering nongol di iklan TV bakal lebih mahal. Padahal fungsinya sama loh. Kalo lo mau hemat, mendingan pilih yang leih murah aja. Toh gunanya sama aja.

3. Nggak bikin daftar belanja

shopping list

Via Guff

Kalo lo nggak bikin daftar belanja sebelum masuk ke supermarket, lo bakal gampang lupa sama barang yang lo butuhkan. Akhirnya lo malah khilaf dan beli barang-barang yang sebenarnya nggak lo butuhkan.

4. Beli buah yang udah dipotong

pre cut fruits

Via Guff

Seringkali orang lebih suka beli buah yang udah dikupas dan dipotong. Harganya pasti lebih mahal dari yang masih utuh. Padahal kalo difikir-fikir, ngupas buah tuh nggak butuh banyak energi dan waktu loh. Daripada buang-buang uang, mendingan ngupas sendiri aja. Kebersihannya juga lebih terjaga.

5. Nggak perhatian sama diskon

discounts

Via Guff

Namanya juga lagi di supermarket, ngeliat tulisan diskon dimana-mana mah udah jadi pemandangan biasa. Saking biasanya lo sering kali nggak perhatian. Lo lewatin gitu aja. Lo ngerasa diskon itu nggak ngaruh banyak. Padahal kalo lo hitung lagi, diskon itu bisa menekan pengeluaran loh.

6. Milih barang

thumbnail

Via Guff

Ada trik dalam ngambil barang. Kalo lo nggak mau rugi, pastikan lo ngambil barang yang ditata di belakang. Biasanya barang dipajang paling depan adalah barang yang udah mau kedaluwarsa atau yang tanggal kedaluwarsanya duluan. Kalo lo ambil yang paling belakang, lo bisa nyimpan barang itu lebih lama di rumah. 

Komentar