gpc2017

'Berburu hantu' dan rasain hal-hal seram.

Buat lo yang ngefans banget sama fotografi dan suka kepo tentang hal-hal yang berbau mistis. Wajib banget nih mengenal yang namanya Ghost Photography Community atau biasa disingkat GPC. GPC ini adalah sebuah komunitas fotografi yang suka banget hunting foto-foto hantu dilokasi-lokasi angker.

Terbentuk sejak 15 November 2013 dan didirikan oleh seorang Dosen Fotografi benama Mickey Oxycgentri, Ghost Photography Community ini sangat mengedepankan yang namanya sains dan teknologi untuk menjelaskan fenomena gaib. Didalamnya juga mereka nggak membawa unsur klenik atau praktek perdukunan. Jadi mereka nggak sekedar asal-asal hunting nyari foto serem gengs.

Meski di era teknologi seperti ini masih percaya sama hantu, mereka mengatakan bahwa melalui teknologi seperti ini kaya lensa kamera DSLR, kita jadi dapat menangkap suatu objek yang nggak bisa diliat melalui mata biasa.

Nah, perkembangan terbaru dari GPC nih, mereka sempat hunting ke salah satu tempat angker yang lokasinya berada di Pangalengan, Bandung. Di tempat tersebut GPC menemukan hal-hal yang terbilang cukup seram. Ternyata, setelah diselidiki tempat tersebut menjadi lokasi syuting film Pengabdi Setan yang di-remake sama Joko Anwar.

wajah dan anak kecil duduk

Sejauh mereka melakukan hunting, mereka juga nggak pernah merasakan yang namanya kesurupan atau bahaya mistis. “Selama hunting kita nggak pernah ketemu sama yang namanya bahaya gaib sih. Palingan yang ada malah ketemu binatang liar atau ular,” ujar Mickey Oxycgentri sang ketua Ghost Photography Community.

Penasaran sama cerita lengkap 'perburuan' Ghost Photography Community di rumah tua yang dipakai syuting film Pengabdi Setan? Simak aja deh obrolan P! dengan Ghost Photography Community di bawah ini:

Halo Ghost Photography Community gimana nih kabarnya?

Ya pastinya komunitas fotografi hantu atau GPC saat ini sedang berkembang pesat.

Anggotanya sudah berapa banyak sekarang?

Untuk saat ini GPC juga sudah ada di beberapa regional seperti, Depok, Karawang, Bekasi, serta Bandung dan Surabaya yang sedang menyusul.

Nah terus kan beberapa waktu lalu katanya habis hunting di salah satu tempat angker di Bandung. Dan ternyata tempat itu merupakan lokasi syuting film "Pengabdi Setan", sebenernya ada keterkaitan nggak sih sama film tersebut?

Ya, secara nggak kebetulan sih, secara nggak sengaja aja, jadi pada saat hunting itu kita lagi di Pengalengan, Bandung. Setelah tulisan hunting  di lokasi tersebut kita naikkan di kaskus, tiba-tiba banyak yang komen lokasi tersebut bekas lokasi syuting Pengabdi Setan. Nah mulai dari situ ada seorang sutradara yang menghubungi GPC dan mengiyakan bahwa lokasi tersebut bekas tempat lokasi syuting film. Dan memang, boleh saya pastikan bahwa tempat itu memang seram sekali. Karena kita punya bukti visual yang bisa dipertanggung jawabkan.

Terus setelah GPC hunting di lokasi tersebut, bener nggak sih hantu yang ada di rumah tersebut sesuai sama yang digambarkan di film Pengabdi Setan?

Oke, ada korelasi sebenernya. Jadi sesaat kita mau menuju lokasi, ada seseorang yang mengaku crew dari film Pengabdi Setan. Dia mengirimkan sebuah rekaman audio yang saat kita slow motion suara tersebut mengeluarkan sebuah suara yang mengatakan “kembali atau mati”. Nah dari situ kita jadi semakin terpancing untuk melakukan hunting di lokasi tersebut. Setelah tulisan kita rilis, orang-orang jadi heboh karena lokasi tersebut bekas tempat lokasi syuting.

thumb selendang terbang

thumb kunti

Hmm, tapi bener tuh hantu yang ditampilkan sama film tersebut?

Yah kurang lebih seperti itu. Namun kami kurang jelas apakah itu ibu-ibu atau bukan, yang pasti perempuan berambut panjang itu tertangkap di jendela di dalam rumah. Cuma wajahnya nggak terlalu jelas.

thumb orang manjat

Wah kalo gitu film ini juga semakin membantu GPC menjadi terkenal dong ya?

Ya kebetulan kalo dari sisi positif sih, selain membantu mengangkat nama GPC juga, terus juga jadi semakin banyak orang yang ingin tahu tentang Ghost Photography Community. Dan juga jadi banyak orang yang ingin ikut masuk ke GPC ini. Tapi kalo dari sisi negatifnya, GPC ini jadi dikira marketing-nya film Pengabdi Setan nih padahal ya kita sekedar komunitas aja.

Kalo gitu ada kejadian buruk nggak sih selama GPC hunting foto mistis gitu?

Alhamdulillah nggak pernah. Selama hunting pun nggak pernah ada yang kesurupan atau apa. Paling ya ketemu binatang lah, ketemu anjing liar, ketemu ular. Jadi adanya bahaya nyata, kalo bahaya gaib sih nggak pernah ada.

Terus next ke depan GPC apa nih?

Rencana ke depan kita sih pengen bikin channel vlog di Youtube. Supaya masyrakat juga jadi bisa lebih dekat sama GPC. Dan sekaligus biar bisa liat behind the scene GPC saat hunting foto.

Menurut GPC sendiri, gimana sih tanggapan dari masyarakat tentang komunitas kalian ini?

Jadi ya dengan hadirnya GPC ini masyarakat bisa jadi lebih belajar tentang fotografi, lalu masyarakat juga jadi bisa nggak takut sama yang namanya hantu, dan juga mereka dapat pengetahuan tambahan bahwa hantu itu bisa ditangkap melalui lensa dan bisa dijelaskan secara sains.

Oke terakhir, kasih P! Tips dong gimana caranya biar nggak takut sama hantu

Oke jadi hantu itu hanya ada dipikiran kita, kalo kita semakin kuat berfikir tentang hantu, maka kita akan semaik tersugesti tentang wujud hantu tersebut. Jadi ya selalu berfikir positif dan jangan mikir yang jelek-jelek lah.

Terima kasih nih teman-teman Ghost Photography Community, sudah mau menceritakan pengalamannya.

Nah, buat kalian yang ingin tau kegiatan GPC lainnya, langsung aja kepoin sosial media mereka di (@official.gpc) atau ghostphotographycommunity.blogspot.com.

(Foto: Ghost Photography Community)

Komentar