Di jaman yang udah serba gadget ini, Hari Kartini bukan cuma peringatan kesetaraan gender lagi.
Dalam banyak hal, malahan perempuan udah jadi ujung tombak kesuksesan, termasuk di bidang teknologi. Salah satunya contohnya adalah Marisa Mayer, yang jadi perempuan pertama di engineer Google tahun 1999 sampe tahun 2012. Nah, sebagai bentuk perayaan Hari Kartini, 21 April 2013 kemarin, Kibar bareng Google Business Group dan Google Developer Group Jakarta, ngadain Female Dev, sebuah seminar yang ngangkat tema “Women Entrepreneurship in Technology” di Estubizi Business Center, Jakarta Selatan.
 
Ada beberapa pembicara, kayak Yansen Kamto, founder Google Business Group Indonesia dan Ambar Sari Dewi, Google Policy Research Fellow yang ngebahas tentang pengaruh teknologi informasi dan komunikasi bagi perempuan penggiat UKM. Selain mereka berdua, ada pula Retno Ika Savitri, founder of MapplePop, Inc. yang ikut sharing ilmu selama bergabung di beberapa komunitas teknologi yang didominasi oleh cowok-cowok. Terakhir, ada pula sesi sharing dari Benny Fajarai – CEO Kreavi dan Vivi Siska, selaku Google Student Ambassador. Vivi Siska yang juga mahasiswi Universitas Bina Nusantara ini nyeritain berbagai pengalamannya selama jadi GSA, termasuk pas ikut karantina di kantor Google Singapore bareng GSA negara-negara ASEAN lainnya, wuih seru! Acara pun ditutup sama penampilan Dennis Adishwara, CEO Layaria, yang ngebahas tentang The Future of Local Online Video yang emang trennya semakin melesat belakangan ini.
 
Acara yang diikuti sama mahasiswi IT dari berbagai Universitas ini sendiri merupakan lanjutan dari beberapa workshop di 5 kota besar (Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Medan) di bulan Februari 2013, lalu. Kedepannya, acara ini bakalan  jadi acara rutin ajang bertemunya perempuan-perempuan peminat dan penggiat teknologi di seluruh Indonesia.
 
 

Komentar